Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Satupena Rilis Channel YouTube Yang Memuat Kisah Para Penulis Tanah Air 

Kamis, 24 November 2022 22:20 WIB
Tampilam channel YouTube Satupena TV. (Foto: Ist)
Tampilam channel YouTube Satupena TV. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kisah hidup dan proses kreatif sekitar 60 penulis Indonesia kini dapat ditonton di Satupena TV, akun YouTube. Hari ini, (24/11) akun Satupena khusus penulis itu dilaunching.

Denny JA, Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena menyatakan sejak dulu terpikat dengan Sutan Takdir Alisjahbana.

Ia teringat ucapan Takdir yang mengatakan, Indonesia harus menentukan masa depannya. Itu adalah dunia Barat. Di sanalah ilmu pengetahuan tumbuh dan berkembang, yang lebih mampu membuat manusia lebih berkuasa dan sejahtera. “Peradaban sudah berubah. Pusat kehidupan sudah berpindah dari gereja, masjid dan candi menuju universitas, pabrik dan pusat perdagangan,” ujarnya.

Baca juga : Syarief Hasan Turun Langsung Temui Korban Gempa Cianjur

Pemikiran, karya serta jejak hidup Takdir Alisjahbana yang mewarnai kebudayaan Indonesia kembali “dihidupkan” dan bisa dinikmati dalam bentuk video yang dipublikasikan di channel YouTube Satupena TV. Ini merupakan channel Youtube yang didirikan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena sebagai bentuk apresiasi bagi para penulis dengan buah pikirannya, proses kreatifnya serta rekam jejak perjalanan hidupnya.

“Hari ini, Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena resmi meluncurkan pertama dan satu-satunya akun Youtube yang memuat kisah para penulis tanah air dengan karya dan proses kreatifnya,” ujar Ketua Umum Satupena Denny JA dalam keterangannya, Kamis (24 November 2022).

Denny JA menjelaskan, sejak terpilih sebagai Ketua Umum Satupena tahun lalu, hal pertama yang ia pikirkan adalah menyediakan sebanyak mungkin informasi mengenai penulis yang Indonesia. “Kini setelah satu tahun terpilih, channel Satupena TV sudah bisa diakses oleh siapapun yang ingin mendapatkan inspirasi dan memahami penulis dan proses kreatifnya,” sambungnya.

Baca juga : Alhamdulillah, 200 Vial Fomepizole Dari Jepang, Sudah Tiba Di Tanah Air

Dalam channel Satupena TV ini, terdapat sejumlah video yang menghidupkan kembali kisah sejumlah penulis yang menorehkan sejarah tersendiri, seperti Chairil Anwar, Mochtar Lubis, Hamka dan Pramoedya Ananta Toer.

“Kita juga dapat merenungkan proses kreatif dari Sutardji Calzoum Bachri, Abdul Hadi W.M., Taufiq Ismail, W.S. Rendra, Remy Sylado hingga Sapardi Djoko Damono.

Bukan hanya itu, penulis generasi baru serta non-fiksi pun bisa dinikmati kisah, karya serta proses kreatifnya dalam channel Satupena TV, seperti Azyumardi Azra, Chappy Hakim, Jaya Suprana, Didin S. Damanhuri, Wina Armada dan Ilham Bintang.

Baca juga : Andien, Rilis Single Kisah Kekerasan Mantan

Channel Satupena TV juga memuat eksplorasi detil mengenai proses kreatif dan pandangan Denny JA dalam tiga serial video mengenai dunia penulis yang sudah masuk ke dalam tahap industri.

Selain itu, terdapat juga pandangan dari para pengurus Satupena yang menjadi koordinator penulis Satupena, mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua. “Ke depan, Satupena TV juga akan mengeksplorasi para penulis muda milenial. Sehingga nantinya lengkaplah spektrum penulis Indonesia dari generasi ke generasi dalam channel YouTube Satupena TV,” tutup Denny JA.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.