Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelilingi Jawa Timur

TG Bajang Dekati Kaum Sarungan Nih

Kamis, 8 September 2022 07:40 WIB
Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB HM Zainul Majdi . (Foto: Facebook)
Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB HM Zainul Majdi . (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB HM Zainul Majdi mulai melakukan safari politik. Belum lama ini, mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dua periode itu mengunjungi kader, pesantren, hingga bertemu kalangan akaemisi di Jawa Timur.

Apakah TGB memang diplot untuk masuk ke basis-basis suara pesantren? Sebab, Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) ini memang tak asing bagi kaum sarungan.

Juru bicara bidang politik dan hubungan internasional DPP Partai Perindo, Arief Budiman mengakui, TGB memang diterima di semua kalangan, khususnya di kalangan Islam tradisional pesantren.

Baca juga : Mobil Isi Narkoba Dibuang Ke Sungai

Namun, tidak ada tugas spesifik bagi TGB dalam konteks ploting basis suara. “Kerja-kerja kebangsaannya sama penting dan besarnya dengan para tokoh Perindo lainnya. Beliau adalah tokoh nasional, sebagaimana juga Ketua Umum Pak Hary Tanoesoedibjo, Kang Ferry Kurnia, Ibu Susaningtyas Kertopati, dan semuanya punya kapasitas, pengalaman, dan ketokohan dalam areanya masing-masing,” ungkap Arief kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, agenda kepartaian TGB kebetulan paralel dengan kunjungan ke pesantren, kuliah umum di perguruan tinggi Islam dan sejenisnya. Salah satunya seperti pengukuhan pengurus Organisasi Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia Jawa Timur.

“Sekalian ada agenda konsolidasi kepartaian. Tapi bila TGB dianggap positif bagi elektoral Perindo di basis pesantren, kami amat bersyukur,” tambahnya.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 1 September, Cek Di Sini..

Apalagi, lanjutnya, narasi yang dibawa TGB adalah Islam wasatiyah atau moderasi beragama yang amat nyambung dan diterima kaum sarungan. TGB juga punya pandangan yang konstruktif atas realitas sosial yang berkembang, yang sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan dan ke-Islaman.

Ketua Harian Komite Eksekutif Konvensi Rakyat ini bilang, secara politik, ikhtiar Perindo dalam Pemilu 2024 dan lolos parlemen serta dapat kepercayaan publik pemilih, amat kuat. Tapi, Perindo ingin para pimpinan partai tak mengesampingkan pendidikan politik yang baik bagi publik.

Diketahui, TGB HM Zainul Majdi akhir pekan lalu keliling ke Jawa Timur. Dari mulai ketemu kader, hingga ke kampus dan pesantren. TGB bertemu kader DPD Perindo Magetan, Madiun, dan Ponorogo. TGB memberi semangat kader dirangkai dengan pemotongan tumpeng nasi kuning sebagai syukuran pengurus sekaligus dimulainya pendaftaran Bacaleg Partai Perindo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.