Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini 4 Hal Penting Kembangkan Bisnis Lewat Platform Digital

Jumat, 2 Desember 2022 12:39 WIB
Frans Budi Pranata (kiri). (Foto: Istimewa)
Frans Budi Pranata (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang motivator bisnis konsultan finansial, Frans Budi Pranata telah berpengalaman 30 tahun menjalankan bisnis dan manajemen.

Frans Budi Pranata bersama tim membuat podcast yang bertujuan memberikan inspirasi dan motivasi bisnis.

Dalam podcastnya Frans Budi Pranata berbincang dengan narasumber seorang pengusaha yang telah berhasil meraih kesuksesan dalam menjalankan usahnya.

“Perbincangan dalam podcast itu dapat menjadi motivasi dan menyemangati kepada para pemirsa dalam menjalankan usahanya. Para pemirsanya bisa mendapatkan solusi," ujar Frans dalam keterangannya pada RM.id, Jumat (2/12).

Baca juga : Gus Halim: Pendampingan Desa Harus Adopsi Sistem Digital

Frans Budi Pranata adalah seorang tokoh penting sebagai seorang pebisnis profesional yang kerap dikaitkan dengan kesuksesan sebagai CFO (Chief Financial Officer) Zalora, perusahaan platform jual beli fashion dan kebutuhan tersier.

Namun semua ini tidak diraihnya dalam semalam, Frans mengisahkan bahwa dirinya mulai bekerja pertama kali pada sebuah firma akunting besar, Ernst & Young Internasional pada 1990.

Jika melihat pengalaman profesional Frans Budi Pranata, tentunya kita penasaran bagaimana kiat suksesnya beliau.

Saat ditanya bagaimana dia memutuskan untuk berpindah kuadran dari seorang pekerja menjadi seorang pebisnis unggul, dikatakan bahwa justru saat ini dirinya masih menjalani banyak profesi.

Baca juga : Pengembang Dan Perbankan Optimis Pasar Properti Tumbuh Di 2023

Menurutnya, paling enak jika memiliki banyak sumber pemasukan, sehingga dirinya masih aktif berperan dalam keempat kuadran, yaitu: Sebagai karyawan (CFO sebuah perusahaan pembangkit listrik besar), Sebagai self employed (motivational speaker), Sebagai pebisnis (CEO The Winner Institute), Sebagai investor (untuk perusahaan start up).Jadi, bisa dibilang kalau Frans memang multitalenta dan terus aktif dalam berbagai kuadran.

Satu hal yang tidak boleh terlupakan, Frans juga dinobatkan sebagai No 1 National Mega Best Seller Author yang hadir dengan buku berjudul “How to Build a Billion Dollar Startup”.

Bukunya ini tentu sangat berpengaruh bagi para pebisnis pemula yang sedang kebingungan memulai bisnis start up nya sendiri.

Menurutnya, ada 4 hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis start up, yaitu: Ide yang bagus dan menarik, Market sizenya besar, Tim yang baik, Product dan service yang baik.

Baca juga : Dari Program Prakerja, Ledia Kini Mampu Kembangkan Bisnis Kecantikan

“Ide besarnya begitu tapi tentunya pasti pemilihan platform, terus ada tahap yang namanya inkubasi, ada tahap namanya validasi, ada tahap namanya scale up, dan seterusnya,” ujar Frans.

Frans juga menjelaskan, untuk menarik investor dibutuhkan 3 hal, yaitu konsepnya harus menarik, managementnya harus baik, dan traction nya pun dapat menarik konsumen dan return rate-nya menarik.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.