Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dari Program Prakerja, Ledia Kini Mampu Kembangkan Bisnis Kecantikan

Selasa, 29 November 2022 15:02 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kartu Prakerja memberikan modal pengetahuan yang sangat berarti bagi para pesertanya. Itulah yang dirasakan Ledia Agustina.

Ledia adalah salah satu perempuan di Indonesia yang kini memilih menjadi wirausaha untuk membantu menyokong kehidupan keluarganya.

Semua ia dapat berkat pelatihan Program Kartu Prakerja. Perempuan asal Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat itu sebelumnya adalah pekerja.

"Saya pernah bekerja sebagai honorer di Pemerintah Daerah," ujarnya kepada awak media usai acara Kartu Prakerja di Bali, dikutip Selasa (29/11).

Dia bilang, akibat pandemi dan faktor membuatnya dirinya dirumahkan. Sehingga pendapatan dia berkurang. Namun, perkenalannya dengan Program Kartu Prakerja telah membawa babak baru hidupnya menjadi seorang wirausaha di bidang kecantikan.

Baca juga : ESG Jadi Peta Jalan Pertamina untuk Bisnis Berkelanjutan

Dia mendapatkan informasi tentang program yang menyasar peningkatan kompetensi itu melalui seorang teman. Penasaran dengan program tersebut, ia akhirnya mendaftar dan diterima menjadi peserta ketika pembukaan Gelombang 12 pada 2021.

"Setelah lolos, saya ikut pelatihannya di rumah. Jadi sambil dirumahkan ikut pelatihan Prakerja, sambil menyusui anak, sambil ikut pelatihan," beber Ledia.

Dengan bantuan dana pelatihan yang diterimanya, perempuan berusia 29 tahun itu memilih kelas tata rias dan cara menjalankan bisnis sebagai penata rias atau yang dikenal sebagai make-up artist (MUA).

Selesai pelatihan, setelah berdiskusi dengan sang suami, dia memutuskan untuk berhenti bekerja karena sulit menyeimbangkan waktu antara menjaga anak dengan pekerjaan yang menuntut waktu dan tenaga yang besar.

Sejak menjadi ibu rumah tangga secara penuh pada awal 2022, dia mulai berpikir untuk melakukan usaha yang bisa membantu keuangan rumah tangga.

Baca juga : Ribuan Masyarakat Palembang Doakan Korban Gempa Cianjur

Akhirnya perempuan ini memutuskan untuk memanfaatkan keterampilan yang didapat dari pelatihan yang disediakan Kartu Prakerja. Sertifikat resmi tentang tata rias ini menjadi pegangan untuk menuntunnya mendapat sumber penghasilan baru.

Kebetulan terdapat Pusat Pengembangan Anak yang dimiliki yayasan gereja di Kecamatan Binjai Hulu dan menyediakan berbagai kelas termasuk tentang tata rias.

Dia kemudian melamar menjadi tutor atau pengajar di yayasan tersebut bermodalkan sertifikat yang dari pelatihan Kartu Prakerja dan diterima bekerja pada Juli 2022.

Tidak hanya menjadi tutor, Ledia juga mulai dikenal menyediakan jasa sebagai MUA di wilayah sekitar tempat tinggalnya yaitu di Kecamatan Sungai Tebelian, terutama ketika diselenggarakan acara sekolah.

Ledia tidak puas hanya menjadi seorang MUA dan kemudian mulai mencari pelatihan lain yang disediakan online secara gratis. Langkah itu dilakukan karena terinspirasi dari pelatihan online Kartu Prakerja.

Baca juga : Ganjar: Program Tuku Lemah Oleh Omah Jadi Solusi Bantu Korban Bencana

Tertarik di bidang kecantikan, ia mulai mencari konten tentang menghias kuku atau nail art dan ekstensi bulu mata atau eyelash extension.

Keseriusan untuk mengembangkan usaha kecantikan dibuktikannya dengan menjual gaun pengantinnya untuk menambah modal usaha. Dia berhasil menjualnya dengan harga Rp 750 ribu.

Ketika peralatan nail art dan eyelash extension tiba, dia baru menyadari bahwa praktiknya tidak semua dari yang dilihat lewat pelatihan online.

Ledia tidak menyerah, kemampuan terus diasah hingga akhirnya warga di sekitar rumahnya mengetahui ia menyediakan jasa kecantikan memperindah kuku dan memperpanjang bulu mata.

"Puji Tuhan, sudah banyak yang pasang sama saya di sekitar kecamatan karena harganya masih terjangkau kalau dibandingkan mereka pergi ke salon," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.