Dark/Light Mode

Bantu Anak Berkebutuhan Khusus, Menhub Budi Karya Cs Disawer Rp 4,2 Miliar

Kamis, 26 Januari 2023 05:22 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Teten Masduki saat bernyanyi di acara Gala Dinner dan Charity SOIna di Jakarta, Rabu (26/1) malam. (Foto : ist)
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Teten Masduki saat bernyanyi di acara Gala Dinner dan Charity SOIna di Jakarta, Rabu (26/1) malam. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elek Yo Band, band yang beranggotakan Menteri Kabinet Indonesia Maju kembali beraksi menggalang dana.

Dikomandani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kali ini, Elek Yo Band mencari dana untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang akan mengikuti ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman, pada 17-25 Juni mendatang. 

BKS, biasa disapa, gitaris merangkap vokalis mengawali aksinya dengan lagu "Separuh Nafasku" milik Dewa 19. Hasilnya, dia disawer Rp 200 juta dari seorang pengunjung.      

Di atas panggung, Menhub ditemani Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas.

"Terima kasih atas perhatiannya kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus," kata BKS dalam acara Gala Dinner dan Charity SOIna di Jakarta, Rabu (25/1) malam.

Baca juga : Jamu Mendag Zulhas Di Al Ula, Mendag Saudi: Sejarah Baru Hubungan Dagang 2 Negara

BKS juga melelang barang-barang pribadinya. Baju plus topi serta gitar pribadi bertanda tangan personil Elek Yo Band berhasil terjual Rp 1 Miliar.

Menpora Zainudin Amali melelang batik miliknya. Teten Masduki melepas jaket kulitnya. Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melelang sepeda yang biasa dipake gowes sambil sidak. Sepeda edisi terbatas punya Ganjar terjual Rp 1,1 Miliar.

Di akhir lagu, BKS mengajak Ganjar bernyanyi membawakan lagu "Bento" punya Iwan Fals. Total dana yang dikumpulkan Menhub BKS dkk. malam itu sebesar Rp 4.2 Miliar.

Ganjar Pranowo yang Ketua Dewan Pembina SOIna mengatakan acara penggalangan dana ini dapat memberikan semangat para atlet yang akan berkompetisi di SOWSG Berlin.

“Tugas kita adalah pastikan anak-anak kita bisa berangkat dan sampai di sana. Bagaimana pengurus SOIna juga siap dengan segala cara agar mereka bisa berangkat dan memberikan kebanggaan untuk dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat Indonesia sebagai supporter,” kata Ganjar.

Baca juga : Enzo Dibanderol Rp 2 Triliun

“Semoga banyak cerita dan semangat untuk kita semua, banyak cerita yang menyentuh, dan betapa hebatnya mereka jika kesempatan itu diberikan,” imbuhnya.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Warsito Ellwein menilai peran semua pihak, tak terkecuali pemerintah, kepada para atlet bertalenta khusus (disabilitas intelektual), penting guna memberikan mereka ruang dan kesempatan untuk berjaya di bidang olahraga.

“Penting bagi kita semua untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada anak-anak bertalenta khusus untuk berprestasi,” kata Warsito.

Lebih lanjut, Warsito mengatakan keikutsertaan para atlet ini di ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman, pada 17-25 Juni mendatang, diharapkan bisa didukung penuh pemerintah dan masyarakat.

“SOWSG merupakan sebuah momen. Momentum ini dipakai untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak dan mendukung mereka agar dapat berprestasi di Indonesia dan dunia. Untuk itu, kami membawa tema ‘Akulah Bintang Dunia’ pada malam ini,” ujarnya.

Baca juga : Bantu Pengungsi Banjir Kudus, Mak Ganjar Jateng Buka Dapur Umum

Sebagai informasi, Special Olympics Indonesia (SOina) merupakan gerakan yang berusaha memberikan kepada anak-anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual untuk turut mengharumkan nama bangsa melalui olahraga.

Sementara SOWG adalah panggung global menyatukan dunia untuk memberi kesempatan bagi para penyandang disabilitas intelektual dari berbagai negara. Di Berlin, ajang SOWSG mempertandingkan 24 cabor dan diikuti 7.000 atlet dari 170 negara, termasuk Indonesia. 

Kontingen Indonesia sejauh ini telah menorehkan berbagai prestasi di ajang SOWSG selama bertahun-tahun. Beberapa di antaranya adalah di tahun 2007, 2011, 2015, dan 2019.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.