Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Medsos, Solusi Pemasaran Bisnis Masa Kini

Minggu, 5 Maret 2023 12:47 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sejak kemunculan fitur TikTok Shop, fungsi TikTok yang kian sering digunakan oleh anak muda, khususnya sebagai media pemasaran dan promosi.

Fitur-fitur dan tren yang berkembang di TikTok, jika dimanfaatkan dengan tepat, bisa digunakan sebagai marketing tools yang ampuh, untuk meningkatkan awareness dan exposure sebuah produk.

Untuk memaksimalkan fitur TikTok Shop, pelaku bisnis bisa menggunakan aplikasi TikTok Seller.

“Tidak ada syarat minimal followers untuk berjualan, yang penting daftar di TikTok Seller. Setelah download aplikasi tersebut, sudah bisa langsung berjualan, live streaming, sehingga ini menjadi kesempatan besar untuk teman-teman pemilik UMKM untuk berjualan online,” tambah Aldo.

Baca juga : Jelang Ramadan, IdScore Ajak Pemilik Usaha Perkuat Bisnis

TikTok merupakan platform yang dikenal untuk mengekspresikan kreativitas melalui video yang menciptakan pengalaman yang asli (genuine), menginspirasi, dan menyenangkan.

TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek disertai musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Konten atau video yang menarik dari pembuat (creator), dapat menjadi viral dan trending.

Salah satunya seperti influencer dan content creator TikTok Tommy Teja, yang sudah memiliki 1,3 juta pengikut sejak aktif membuat akun di tahun 2021.

"Saya berpikir, mengapa nggak coba berbagi pengalaman sebagai entrepreneur dan tips marketing. Saya melihat peluang belum banyak yang membuat konten edukasi saat itu, saya hoki karena dua hari langsung dapat 1 juta viewers,” cerita Tommy.

Baca juga : Pasutri Pakistan Bikin Tato Pesan WhatsApp

Selain melihat peluang dan timing, berbagi tentang pentingnya mengembangkan kemampuan membuat konten dan public speaking. Khususnya ketika mengajak viewers berbelanja lewat live shopping.

“Apapun media sosialnya, skill membuat konten dan berjualan online akan sangat terpakai. Tipsnya, terus belajar supaya bisa lancar berbicara,” tambah Tommy.

Selain diisi talkshow, acara ini juga diisi oleh sesi latihan atau workshop tentang cara membuat konten yang baik dan menarik.

Tommy memberikan tips dan trik soal strategi menjadi viral, hingga penggunaan tools dan aplikasi pendukung dalam memproduksi konten.

Baca juga : Depo Plumpang Kebakaran, Dirut Pertamina Minta Maaf

Acara Gali Ilmu: “Kupas Tuntas TikTok sebagai Media Pemasaran Bisnis Masa Kini" digelar oleh Kementerian Kominfo bersama TikTok Indonesia, sebagai upaya meningkatkan literasi digital dan pembelajaran masyarakat, guna memanfaatkan sosial media secara positif dan menguntungkan.

Dihadiri lebih dari 400 peserta, acara ini berlangsung secara hybrid di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, dan melalui aplikasi Zoom. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.