Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fokus Efisiensi, GoTo Rombak Jajaran Komisaris Dan Direksi

Kamis, 2 Maret 2023 18:56 WIB
RUPSLB GoTo Gojek Tokopedia. (Foto: Ist)
RUPSLB GoTo Gojek Tokopedia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Manajemen perseroan pun telah mendapatkan persetujuan dari agenda yang diumumkan dalam undangan RUPSLB.

RUPSLB ini merupakan langkah penting untuk memperkuat komitmen GoTo dalam tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG), serta fokusnya pada efisiensi operasional Perseroan.

Para anggota baru Dewan Komisaris dan Direksi akan memberikan pandangan yang lebih beragam, kepemimpinan dan panduan yang kuat, dalam mendorong tujuan Perseroan mempercepat langkahnya menuju profitabilitas. 

Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo mengatakan, RUPSLB hari ini memberikan dorongan yang penting dalam meningkatkan GCG sebagai sebuah perusahaan terbuka. Pemegang saham kami telah menyetujui perubahan jajaran Komisaris dan Direksi GoTo yang akan memperkuat fungsi pengawasan dan manajemen perseroan, dalam rangka memasuki babak baru perjalanan perseroan. 

Baca juga : Efisiensi Biaya Logistik Dongkrak Investasi Dan Daya Saing Ekspor

“Perubahan ini dibuat bersamaan dengan restrukturisasi organisasional dalam tubuh perseroan yang juga termasuk penunjukan presiden unit bisnis,” kata Andre dalam keterangan resminya, Kamis (2/3).

Tak hanya memperkuat struktur kepemimpinan perseroan, sambung Andre, upaya GoTo untuk mendiversifikasi Dewan Komisaris dan Direksi merefleksikan fokus GoTo untuk mempercepat langkah menuju profitabilitas dan menjadi perusahaan yang mandiri secara finansial. 

“Pengalaman serta wawasan yang luas dan beragam dari para komisaris dan direksi akan berperan sangat penting seiring GoTo melaksanakan rencana bisnisnya, yang pada akhirnya akan menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pihak di dalam ekosistem GoTo,” harapnya. 

Untuk itu, susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan adalah sebagai berikut, efektif sejak penutupan RUPSLB 2023. Yaitu, Komisaris Utama Garibaldi Thohir, Komisaris terdiri dari William Tanuwijaya Agus DW Martowardojo, Sugito Walujo, Winato Kartono, Wishnutama Kusubandio. Kemudian, Komisaris Independen Dirk Van den Berghe, Marjorie Tiu Lao, dan Robert Holmes Swan.

Baca juga : Aura Kasih, Tebar Jala Cari Suami

Sementara, Direktur Utama Andre Soelistyo, Direktur terdiri dari, Wei-Jye Jacky Lo, Catherine Hindra Sutjahyo, Hans Patuwo, Melissa Siska Juminto, Nila Marita dan Pablo Malay. 

Pada agenda ketiga, para pemegang saham menyetujui satu perubahan anggaran dasar Perseroan yang tak lagi mewajibkan Perseroan mengumumkan laporan keuangannya di surat kabar, sejalan dengan ketentuan yang diwajibkan menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 14/POJK.04/2022. Masyarakat masih dapat mengakses laporan keuangan GoTo di situs resmi Perseroan dan melalui keterbukaan informasi rutin di situs resmi Bursa Efek Indonesia. 

Sebelum pelaksanaan RUPSLB, GoTo telah mengumumkan perubahan dalam struktur kepemimpinannya yang bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan memampukan sinergi lebih kuat seiring Perseroan mempercepat langkahnya menuju profitabilitas. 

Perubahan dimaksud meliputi, penunjukan tiga presiden unit bisnis, Melissa Siska Juminto (sebagai Presiden Unit Bisnis E-Commerce GoTo), Catherine Hindra Sutjahyo (sebagai Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo), dan Hans Patuwo (sebagai Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo).

Baca juga : Perkuat Pariwisata Dieng, Ganjar Ikut Tanam 283.000 Kopi Bersama Petani Milenial

Penetapan William Tanuwijaya sebagai Co-Chairman Dewan Komisaris Perseroan bersama Garibaldi Thohir, yang juga merupakan Komisaris Utama dan Co-Chairman. 

Penunjukan dua pemimpin baru untuk shared platform Grup GoTo, yaitu Severan Rault dan Ramesh Gururaja, yang masing-masing akan memimpin Divisi Teknologi (Technology Office) Shared Consumer Platform. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.