Dark/Light Mode

Sholat Ied di Masjidil Haram, Jalanan Hingga Pelataran Sudah Dipadati Jamaah Sejak Dinihari

Jumat, 21 April 2023 15:28 WIB
Suasana di pelataran Masjidil Haram jelang Sholat Id, Jumat (21/4).(Foto: Sri Nurganingsih)
Suasana di pelataran Masjidil Haram jelang Sholat Id, Jumat (21/4).(Foto: Sri Nurganingsih)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki 1 Syawal 1444, 21 April 2023 jalanan mulai terlihat ramai. Padahal jarum jam baru menujukkan pukul 02.32 waktu Mekkah. Jalanan terasa lebih ramai, terlebih bus-bus di sepanjang jalan semua menuju Masjidil Haram untuk bisa melaksanakan shalat Ied di sana.

Sesampainya di gerbang pelataran Masjidil Haram, jarum jam menunjukkan pukul 02.50 waktu Mekkah. Pelataran sudah dipadati jamaah dan warga sekitar yang ingin melaksanakan Shalat Ied di Masjidil Haram.

Baca juga : Srikandi Ganjar Jabodetabek Gelar Pelatihan Grafis Di Desa Hambalang

Karena waktu masih pagi, orang-orang memanfaatkan kesempatan untuk melaksanakan shalat tahajud dan witir, sebelum adzan Subuh berkumandang.

Pukul 04.40 waktu Mekkah, adzan Subuh berkumandang. Shalat Subuh berjamaah.

Baca juga : Relawan Sandiaga Uno Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Tepat pukul 06.30 Imam Masjidil Haram memimpin shalat Ied dilanjutkan ceramah Idul Fitri oleh khotib: Syaikh Shalih bin Abdillah Humaid-hafizhahullah.

Shalat Ied dan ceramah berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu, jamaah segera meninggalkan tempat shalat. Banyak yang berfoto-foto, bersalaman, dan menuju pertokoan Zamzam Tower untuk mencari makanan/makan bersama keluarga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.