Dark/Light Mode

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Masyarakat Brebes

Relawan Sandiaga Uno Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Rabu, 15 Maret 2023 18:50 WIB
Gerbong Pecinta Sandiuno menggelar pelatihan pembuatan sabun pencuci piring dan karbol untuk meningkatkan perekonomian wilayah Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Rabu (15/3).  (Foto: Ist)
Gerbong Pecinta Sandiuno menggelar pelatihan pembuatan sabun pencuci piring dan karbol untuk meningkatkan perekonomian wilayah Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Rabu (15/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingginya minat masyarakat terhadap sabun cair, menjadikan peluang usaha dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan ini Gerbong Pecinta Sandiuno meningkatkan kesejahteraan masyarakat Brebes, khususnya di bidang ekonomi, serta menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam berwirausaha. 

Ketua Gerbong Pecinta Sandiuno Brebes, Vienkan Bahreyis mengatakan pelatihan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional di Kecamatan Salem. Dikarenakan peluang usaha dapat tercipta dengan antusias ibu rumah tangga yang menginginkan pendapat lebih dari wirausaha. 

"Pelatihan kewirausahaan pembuatan sabun pencuci piring dan karbol untuk meningkatkan perekonomian wilayah Kecamatan Salem dalam membuka peluang-peluang usaha baru, sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi secara nasional," kata Vienkan di Pasir Forest resort, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Rabu (15/3). 

Baca juga : Pulihkan Ekonomi Korban Kebakaran Plumpang, Relawan Sandi Uno Beri Bantuan

Vienkan menjelaskan dengan budget yang minim dapat menciptakan keuntungan yang meningkat. Sehingga programnya akan terus dilakukan serta dibantu mempromosikan kepada masyarakat luas. 

"Pelatihan ini budget produksinya sangat minim, namun bisa membuat suatu produk yang banyak, bahan yang dilakukan pun sangat simpel dan alami. Maka itu, program yang diberikan nantinya akan berlanjut dari segi pendampingan, promosi, dan perizinan," ungkap Vienkan. 

Sandiaga Uno Menteri yang memfasilitasi para ibu rumah tangga untuk mandiri, sekaligus mendorong peluang usaha dimana dan kapan saja. 

Baca juga : Masyarakat Mulai Pulih, Pertamina Patra Niaga Siapkan Kontrakan Bagi yang Rumahnya Rusak

"Pak Sandi di mata relawan mampu merangkul UMKM khususnya ibu rumah tangga dan juga sangat inspiratif, pekerja keras, serta mempunyai program yang tepat kepada masyarakat," jelasnya. 

Salah satu peserta pelatihan, Wiwin Winarni (51), menuturkan kehadirannya mengikuti pelatihan untuk menambah penghasilan keluarga. Menurutnya program yang diberikan dapat mudah dipraktekkan secara pribadi. 

"Saya hadir ingin mengetahui kewirausahaan tentang pembuatan sabun pencuci piring dan karbol yang dapat diterapkan di rumah. Harapannya sebagai ibu rumah tangga dengan pelatihan ini bisa menghasilkan uang agar tidak bergantung pada pendapatan suami," tutur Wiwin. 

Baca juga : Espas Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Bikin Sirup Jeruk Kalamansi

Seluruh peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno telah memberikan program bermanfaat. Wiwin berharap peserta pelatihan dapat didampingi perizinannya agar siap di distribusikan secara nasional. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada relawan Gerbong Pecinta Sandiuno dan Pak Sandiaga Uno semoga bisa dibantu perizinan setelah kami dapat memproduksi," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.