Dark/Light Mode

Kunjungi Taiwan, UI Tawarkan Kerja Sama Pendidikan

Rabu, 10 Mei 2023 17:07 WIB
Kunjungan UI ke Taiwan. (Foto: Ist)
Kunjungan UI ke Taiwan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperkuat kolaborasi penelitian dan pendidikan tinggi, Pemerintah Taiwan melalui perwakilannya di Indonesia, Taiwan Education and Trade Office (TETO) mengundang Universitas Indonesia (UI) untuk mengunjungi negara tersebut pada 8-14 Mei 2023.

Delegasi UI yang bertandang ke Taiwan terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Dr. Bondan Kanumoyoso, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dr. Dede Djuhana, Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Agus Setiawan, S.Kp.M.N.D.N, Ketua Tim World-Class University Prof. Dr. tech. Djoko Triyono dan Direktur Center for Independent Learning F. Astha Ekadiyanto, M.Sc.

Baca juga : Indonesia Dan Vietnam Sepakati Kerja Sama Pemanfaatan Ruang Digital ASEAN

Selama enam hari, rencananya mereka akan mengunjungi universitas-universitas terbaik di Taiwan, seperti: National Central University, National Yang Ming Chao University, National Taichung University of Science and Technology, National Taiwan University, Taiwan Medical University, dan National University of Science and Technology. Para delegasi juga dijadwalkan bertemu Direktur Jenderal Pendidikan Internasional Kementerian Pendidikan Taiwan, Dr. Nicole Yen-yi Lee serta mengunjungi Academia Sinica, National Palace Museum, dan Shung Ye Museum of Formosan Aboriginies.

Dalam lawatan tersebut, Prof. Haris mempresentasikan dan menawarkan skema kerja sama internasional kepada para institusi pendidikan tinggi yang dikunjungi. Selain itu, UI juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa mitra di Taiwan. 

Baca juga : Ganjar Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Daerah Melalui Kurikulum Pendidikan

Berbagai program yang ditawarkan UI di antaranya Summer Course, Student Exchange, Joint/Double Degree, Joint Thesis, Joint Courses, Lecturer’s Exchange, Short Course Mentorship, dan Fast Track Program. Selain itu, Prof. Haris juga mengajak para mahasiswa di Taiwan untuk melanjutkan pendidikan S2 di UI dengan memanfaatkan skema UI GREAT (UI Degree Scholarship for International Student).

“Kami merasa terhormat atas undangan dan sambutan Kementerian Pendidikan Taiwan. Sebagaimana yang kita ketahui, Taiwan dan Indonesia memiliki kedekatan secara geografis, sehingga menciptakan banyak peluang kolaborasi riset kesehatan, budaya, sains, dan teknologi. Kami sangat mengapresiasi pemerintah Taiwan yang berkenan mengirimkan dosen-dosen terbaiknya untuk mengajar di program studi Sastra China FIB UI,” tutur Prof. Haris.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.