Dark/Light Mode

Indonesia Dan Vietnam Sepakati Kerja Sama Pemanfaatan Ruang Digital ASEAN

Rabu, 10 Mei 2023 15:03 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Vietnam Nguyen Manh Hung di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada hari Rabu (10/5). (Foto: InfoPublik/Agus Siswanto)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Vietnam Nguyen Manh Hung di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada hari Rabu (10/5). (Foto: InfoPublik/Agus Siswanto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Vietnam menyetujui kerja sama dalam pemanfaatan ruang digital dan literasi. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di ASEAN. 

Kesepakatan ini diumumkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Vietnam Nguyen Manh Hung di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada hari Rabu (10/5).

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo. 

Baca juga : KTT ASEAN, Indonesia Dorong Kawasan Ekonomi Tumbuh Cepat & Penting Bagi Dunia

"Kawasan ASEAN memiliki potensi. Pertumbuhan teknologi digital tinggi. Potensi besar dan terus tumbuh," kata Menkominfo Plate, dilansir InfoPublik.com Rabu (10/5).

Kedua belah pihak juga membahas pengalaman terkait pengembangan hingga penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, terutama terkait penanganan hoaks, disinformasi, serta kejahatan siber.

"Kedua negara juga sepakat mengenai pentingnya pembuatan payung hukum bersama untuk pengembangan ruang digital, termasuk di ASEAN. Untuk Indonesia dan Vietnam, kerja sama akan diatur melalui Memorandum of Understanding (MoU) sebagai kerangka awal," tambahnya.

Baca juga : Kadek Siap Kerja Keras Bersama Persebaya

Menkominfo menekankan bahwa kerja sama dan kolaborasi di ASEAN sangat penting dalam mengatasi kejahatan digital. Ia juga menambahkan bahwa Vietnam dan Indonesia setuju untuk mendukung penegakan hukum terhadap tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terutama yang melalui kejahatan digital.

"Vietnam dan Indonesia sebagai dua negara dengan jumlah penduduk besar di ASEAN dan tentu mempunyai perspektif yang sama, bagaimana meningkatkan ekonomi ASEAN khususnya ruang digital dan digitalisasi, termsuk penegakkan hukumnya," tegas Menkominfo.

Menteri Informasi dan Komunikasi Vietnam Nguyen Manh Hung menyambut positif kerja sama antara kedua negara, karena Indonesia dan Vietnam memiliki jumlah penduduk yang besar di ASEAN dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital di kawasan tersebut.

Baca juga : Kemenkop UKM Dan Kementan Teken Kerja Sama Pengembangan Koperasi Di Sektor Pertanian

"Langkah selanjutnya adalah mencanangkan MoU antara kedua kementerian pada September 2023 untuk dijadikan landasan kerja sama," kata Menteri Nguyen.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dan Vietnam memiliki perspektif yang sama mengenai pemanfaatan ruang digital dan literasi di ASEAN. 

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di kawasan, dan juga memperkuat penegakan hukum terhadap kejahatan digital.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.