Dark/Light Mode

Pilih-pilih Keju Untuk MPASI, Ini Tipsnya

Minggu, 14 Mei 2023 08:28 WIB
Ilustrasi bayi menyantap hidangan MPASI (Foto: Istimewa)
Ilustrasi bayi menyantap hidangan MPASI (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keju adalah salah satu makanan bernutrisi tinggi, yang menjadi pilihan orang tua dalam menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI). Karena keju memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan bayi. Seperti menjaga kesehatan tulang, gigi, otak, dan jantung.

Mengutip data Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) yang diposting aplikasi Parenting dan Tumbuh Kembang Anak Primaku melalui Instagram, keju yang umumnya berasal dari susu sapi, mengalami penambahan bakteri baik, garam, keju, dan atau enzim rennet untuk membantu penggumpalan keju.

Setiap 100 gram keju, mengandung kalori sebanyak 403 kcal, 33 gram lemak, 105 mg kolesterol, 621 mg natrium, 721 gram kalsium, 25 gram protein, 98 mg kalium, serta 0,7 mg zat besi dan 1,3 gram karbohidrat.

Baca juga : 8 RUU Provinsi Dibawa Ke Paripurna Untuk Disahkan Jadi UU, Ini Daftarnya

Tapi, memilih keju untuk MPASI tak bisa asal-asalan. Karena tak semua jenis keju, bisa dikonsumsi anak di bawah usia 1 tahun.

Berikut tips memilih keju untuk MPASI:

1. Pilih keju yang tidak mengandung bahan tambahan seperti pewarna dan pengawet.

Baca juga : Erick: Hari Ini Kita Belum Menang

2. Periksa label kemasan keju untuk memastikan bahwa produk tersebut dibuat dengan susu pasteurisasi (proses pemanasan yang bertujuan untuk mematikan bakteri).

3. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk tidak memberikan keju yang tidak dipasteurisasi pada anak usia 1 tahun ke bawah. Karena dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri Listeria monocytogenes yang berbahaya.

Berikut jenis keju yang aman dan tidak aman dikonsumsi anak usia di bawah 1 tahun:

Baca juga : KPK Fasilitasi Kunjungan Natal untuk Para Tahanan, Begini Aturannya

Aman: Cheddar, Edam, Parmesan, Mozzarella, Ricotta, Cottage, Mascarpone, Cream Cheese

Tidak aman: Camembert, Brie, Feta, Camembert, Brie, Chevre, Queso Fresco, Queso Blanco

Jika anak alergi susu sapi, pemberian keju sebaiknya dihindari. Karena keju juga mengandung protein dari susu sapi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.