Dark/Light Mode

Dukung Lansia Fit Dan Bugar, Nestle Health Science Gelar Senam Sehat

Senin, 5 Juni 2023 16:56 WIB
Nestle Health Science (NHS) Boost Optimum saat meluncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia. (Foto: Istimewa)
Nestle Health Science (NHS) Boost Optimum saat meluncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelolaan kesehatan kelompok lanjut usia (lansia) tidak hanya berfokus pada penyakit melainkan optimalisasi kapasitas intrinsic dan kemampuan fungsional seseorang.

Ada enam kapasitas intrinsik prioritas yang perlu dideteksi mulai dari tingkat komunitas yaitu kapasitas kognitif, kapasitas mobilitas, status gizi, fungsi penglihatan dan pendengaran, serta kapasitas mental. Keenam kapasitas intrinsik prioritas ini saling terkait satu sama lain.

Baca juga : Si Ular Besar Sukses Raih Gelar Ke Sembilan

“Selain penerapan pola hidup aktif, para lansia perlu menerapkan pola makan bergizi untuk membantu meningkatkan massa otot, kekuatan otot dan performa fisik. Untuk dapat memenuhi asupan protein dan energi,” ungkap Ketua Umum PB Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Nina Kemala Sari dalam keterangannya, Senin (5/6).

Menurutnya, salah satunya dengan mengkonsumsi whey, protein berkualitas tinggi dan lengkap, dengan profil asam amino yang kaya dan leusin yang memiliki fungsi langsung terhadap kesehatan otot, pertumbuhan massa otot, serta mencegah pengecilan otot yang kerap terjadi seiring  pertambahan usia.

Baca juga : Deklarasi ASEAN One Health Perkuat Sistem Kesehatan Regional

Penelitian yang dilakukan oleh Smith et al (2020) juga membuktikan bahwa suplementasi gizi ditambah dengan latihan fisik dapat meningkatkan fungsi, status gizi dan kualitas hidup para lansia.

Sementara hasil survei nasional mengenai Status Gizi dan Asupan Makanan Lansia di Indonesia pada 2021 menunjukkan bahwa prevalensi kurang gizi pada lansia di Indonesia cukup tinggi (11,7 persen untuk usia 60-64 tahun dan 20,7 persen untuk usia di atas 65 tahun).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.