Dark/Light Mode

Andy Dewantoro Gelar Pameran Tunggal "Bahasa Ruang dan Waktu" di Bandung

Jumat, 6 Oktober 2023 17:37 WIB
Seniman Andy Dewantoro kembali menghadirkan pameran tunggal dari lukisannya di Galeri Ruang Dini, Bandung. (Foto: Istimewa)
Seniman Andy Dewantoro kembali menghadirkan pameran tunggal dari lukisannya di Galeri Ruang Dini, Bandung. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seniman Andy Dewantoro kembali menghadirkan pameran tunggal dari lukisannya. Pameran Andy kali ini bertajuk 'Bahasa Ruang dan Waktu'.

'Bahasa Ruang dan Waktu' menunjukkan renungan Andy Dewantoro mengenai perubahan ruang yang terjadi akibat benturan waktu pada perkembangan dunia modern.

Baca juga : Ganjar Silahturahmi Kebangsaan Bersama Ratusan Umat Kristen Se-Kota Bandung

Mulai meniti karirnya dengan mengangkat landscape sebagai subject matter, lukisan-lukisan Andy Dewantoro tidak hanya memperlihatkan kecermatan lukisan keindahan alam, namun juga menampilkan tanda-tanda religiositas yang per definisi tidak bisa dibaca sebagai ungkapan religius berdasarkan suatu agama.

Konteks ini membuat karya-karya Andy Dewantoro lukisan, hasil fotografi, print, bentukan tiga dimensi menyerupai maket menampilkan renungan, bukan nyanyian religius.

Baca juga : Sambil Lari Pagi, Ganjar Sapa Masyarakat Hingga Sarapan Kupat Tahu Di Bandung

Kemudian, ia menjelajahi tema townscape, menampilkan lorong-lorong kota, bangunan, downtown, uptown, jembatan, lampu-lampu jalan, dan sudut-sudut pemukiman suburban.

Namun, kecenderungan ini tidak dapat dilihat melalui diskursus umum. Karena, tema townscape yang biasanya merupakan upaya menampilkan ruang kota dan kehidupan masyarakat urban tidak tampil.

Baca juga : KPK Geledah Kantor Kementan, Sasar Ruangan Menteri Dan Sekjen

Melihat lukisan-lukisannya dari jarak lebih dekat, bisa ditemukan bangunan-bangunan, jembatan, dan lampu taman sebagai obyek-obyek terbengkalai, tidak digunakan lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.