Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Siswa Sampoerna Academy Raih Prestasi Gemilang Di World Scholars Cup 2023

Senin, 4 Desember 2023 14:09 WIB
Foto: Sampoerna Academy
Foto: Sampoerna Academy

RM.id  Rakyat Merdeka - Sampoerna Academy mengumumkan pencapaian luar biasa di ajang bergengsi World Scholar's Cup 2023, yang diselenggarakan di Universitas Yale.

Prestasi yang melibatkan puluhan murid ini membuktikan komitmen Sampoerna Academy sebagai sekolah interkultural berbasis Science, Technology, Engineering, Arts, & Mathematics (STEAM), yang terus mendorong keunggulan akademis dan partisipasi global para peserta didiknya.

World Scholar's Cup 2023 adalah turnamen akademis bergengsi yang diikuti oleh siswa lebih dari 50 negara di seluruh dunia.

Serta, menjadi platform pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi bagi para pelajar.

Tournament of Champions (ToC) adalah tahap puncak dari kompetisi World Scholar’s Cup 2023. Di ToC, pemenang dari berbagai babak kualifikasi global berkumpul untuk bersaing dalam berbagai lomba akademis.

ToC 2023 menjadi pengalaman transformatif bagi siswa Sampoerna Academy.

Baca juga : 5 Mahasiswa Sampoerna University Raih Pendanaan Program KKWP Tahap III Kemenpora

Mereka terlibat dalam pelatihan lintas institusi pendidikan dan berinteraksi dengan mahasiswa Yale dalam acara College Panel, yang tentunya semakin memperkaya pengalaman belajar mereka.

Principal Sampoerna Academy Surabaya Grand Pakuwon Campus, Anushia Senthevadivel mengungkapkan antusiasmenya terhadap keikutsertaan peserta didik dalam turnamen akademis bergengsi ini.

"World Scholar’s Cup merupakan salah satu kegiatan super-kurikuler yang memberikan manfaat besar bagi siswa Sampoerna Academy. Tentunya, kami berharap partisipasi yang lebih banyak dari seluruh siswa kami setiap tahunnya,” ungkapnya.

Prestasi luar biasa tim Sampoerna Academy merupakan upaya bersama yang menghasilkan total 42 medali Emas dan 47 medali Perak.

Bila dijabarkan berdasarkan asal sekolah, yakni Sampoerna Academy Lavenue Campus: 22 medali Emas & 33 medali Perak (Tim Junior dan Senior).

Kemudian, Sampoerna Academy Sentul Campus: 17 medali Emas & 10 medali Perak (Tim Junior dan Senior).

Baca juga : Sampoerna University Jadi Kandidat Penerima Akreditasi Bergengsi Dari NECHE

Dan Sampoerna Academy Grand Pakuwon & Medan Campus: 3 medali Emas & 4 medali Perak (Tim Senior).

Selain itu, beberapa siswa langsung lolos ke Global Round 2024, melewati babak lokal di Jakarta.

Mereka merupakan perwakilan dari Sampoerna Academy Sentul Campus, Sampoerna Academy L'Avenue Campus, serta tim campuran Vito, Gab, dan Marco yang merupakan delegasi dari China.

Performa mereka yang gemilang membuat mereka dapat mengamankan tempat dalam Global Round yang akan datang pada tahun 2024 di Bangkok.

Acara ini bukan hanya tentang penghargaan akademis, tetapi juga merupakan perayaan keberagaman dan pertukaran budaya.

Pada Cultural Fair, peserta dari berbagai sekolah dapat memamerkan kekayaan budaya negara asal mereka melalui sajian makanan, musik, dan pertunjukan khas.

Baca juga : Bamsoet Puji Gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba

Lebih menarik lagi, gelaran Tournament of Champions 2023 digelar di lapangan Yale Old Campus, menjadi panggung bagi berbagai pertunjukan dan apresiasi terhadap keberagaman budaya serta persatuan global.

Di samping itu, para siswa juga mendapat kesempatan unik untuk menjelajahi sejarah Boston melalui tur yang meliputi landmark.

Seperti, Faneuil Hall Marketplace, MIT, dan Harvard University, sehingga dapat memperkaya pengalaman mereka secara keseluruhan.

Anushia menegaskan, Sampoerna Academy terus mengedepankan keunggulan akademis, partisipasi global, dan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya.

"Harapan kami dengan keikutsertaan peserta didik di World Scholar’s Cup 2023 akan menambah landasan siswa untuk meraih kesuksesan di dunia yang terus berubah dan saling terkoneksi,” tutup Anushia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.