Dark/Light Mode

BTN Syariah Raih Penghargaan Di Top 20 Financial Institution Award 2023

Senin, 20 November 2023 16:12 WIB
Berkat kinerja keuangan melesat di sepanjang semester I-2023, BTN Syariah meraih penghargaan The Highest Profit Growth of Sharia Unit Bussiness Bank di ajang Top 20 Financial Institution Award 2023. (Iustrasi Istimewa)
Berkat kinerja keuangan melesat di sepanjang semester I-2023, BTN Syariah meraih penghargaan The Highest Profit Growth of Sharia Unit Bussiness Bank di ajang Top 20 Financial Institution Award 2023. (Iustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkat kinerja keuangan yang melesat di sepanjang semester I-2023, Unit Usaha Syariah milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (UUS BTN) meraih penghargaan 'The Highest Profit Growth of Sharia Unit Bussiness Bank,' di ajang Top 20 Financial Institution Award 2023.

Tercatat dari laporan keuangan BTN menunjukkan laba bersih UUS BTN per Juni 2023 tumbuh 47,31 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Kenaikan laba dari Rp 190,90 miliar pada Juni 2022 menjadi Rp 281,21 miliar di bulan Juni 2023.

Pertumbuhan tersebut berada di atas rata-rata kenaikan laba bersih seluruh UUS di Indonesia.

Baca juga : PB Djarum Raih Gelar Juara Umum Polytron Gubernur Cup 2023

Data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan merekam laba bersih UUS secara nasional tumbuh 10,38 persen yoy per Juni 2023.

Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar mengatakan, penghargaan tersebut menjadi pengingat bagi perseroan untuk terus meningkatkan kinerja bisnis syariah.

“Bisnis syariah kami fokus ke penyaluran pembiayaan perumahan, untuk itu kami akan terus memacu kinerja syariah terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah rakyat dengan skema syariah,” jelasnya di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Selain laba bersih yang melesat, aset BTN juga tercatat terus bertumbuh. BTN Syariah mencatatkan aset tumbuh hingga 14,69 persen yoy dari Rp 40,35 triliun pada Juni 2022 menjadi Rp 46,27 triliun di bulan yang sama tahun ini.

Baca juga : Terapkan Bisnis Berkelanjutan, Peruri Raih Peringkat Gold di SNI Award 2023

Tak hanya itu, BTN Syariah menyediakan pembiayaan perumahan dari hulu ke hilir.

Hirwandi menjelaskan produk pembiayaan yang diberikan mulai dari kepemilikan lahan, kontruksi rumah, pembiayaan pemilikan rumah (KPR), hingga untuk renovasi rumah.

UUS BTN ini juga berfokus menyalurkan pembiayaan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Hirwandi, BTN Syariah juga menyediakan beragam skema pembiayaan yakni KPR BTN Platinum iB, KPR BTN Indent iB, dan KPR BTN Properti dengan skema Musyarakah Mutanaqisah.

Baca juga : Kepala BP2MI Persembahkan Penghargaan Gatra Award 2023 Untuk Jutaan PMI

"Melalui skema Musyarakat Mutanaqisah tersebut, masyarakat dapat membayar angsuran secara berjenjang sesuai kesepakatan dengan bank," pungkas Hirwandi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.