Dark/Light Mode

Lima Cara Aman Pakai Wifi Di Tempat Umum

Sabtu, 13 Januari 2024 20:59 WIB
Tersedianya internet gratis di tempat umum dengan menggunakan wifi, hendaknya tidak membuat kita abai terhadap keamanan data pribadi. (Foto Freepik)
Tersedianya internet gratis di tempat umum dengan menggunakan wifi, hendaknya tidak membuat kita abai terhadap keamanan data pribadi. (Foto Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak beberapa tahun terakhir ini, cara mengerjakan pekerjaan kantoran di Indonesia sudah berubah secara drastis. Lahirnya konsep bekerja jarak jauh, berarti para pegawai kantoran tidak perlu lagi bekerja di kantor sepanjang waktu. Namun, bisa di mana saja, bahkan di rumah selama terhubung dengan jaringan internet. Banyak jaringan internet wifi di rumah memanfaatkan router berkualitas terbaik seperti Itotolink yang dipasarkan dengan harga terjangkau.

Selain di rumah, ada masanya Anda dalam perjalanan dinas, atau pergi menghabiskan waktu liburan. Lalu, Anda ingin membuka laptop maupun ponsel pintar Anda untuk mengecek email, aplikasi perbankan, hingga media sosial saat berada bandara, lobi hotel, restoran dan kafe. Nah, di tempat publik seperti inilah, Anda bisa saja tergoda untuk menggunakan hotspot wifi publik gratis yang tersedia untuk para pengunjung dan tamu.

Sebelum menggunakan jaringan wifi publik ini, Anda biasanya akan memasukkan password wifi dengan password yang disediakan pengelola fasilitas umum ini. Hal ini lebih rentan dengan masalah keamanan siber seperti peretasan data dibandingkan penggunaan jaringan wifi rumah yang bisa ganti password wifi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Lalu bagaimana cara menggunakan hotspot wifi publik secara aman? Berikut ini adalah lima langkah yang bisa Anda lakukan;

1. Hindari memasukkan informasi sensitif

Baca juga : VinFast Siap Investasi Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Indonesia

Banyak jaringan wifi publik mewajibkan Anda memasukkan informasi untuk mendaftar sebelum digunakan. Data ini bisa mencakup alamat email atau bahkan nomor telepon Anda.

Jika Anda tidak ingin risiko keamanan siber terjadi pada Anda, maka Anda tidak perlu memasukkan email perusahaan, tapi cukup masukkan email kedua Anda yang kurang penting.

Jika jaringan wifi publik meminta Anda memasukkan kata sandi, maka silakan masukkan saja kata sandi yang berbeda dengan kata sandi yang biasa Anda gunakan. Anda juga perlu waspada dengan data dan informasi sensitif yang Anda bagikan pada jaringan wifi publik seperti nama pengguna, kata sandi, dan detail informasi bank Anda.

2. Pastikan jaringan hotspot publik sah

Di tempat umum seperti bandara akan banyak sekali tersedia jaringan hotspot publik yang masuk ke ponsel Anda secara otomatis. Karena itu, sebelum menggunakan internet publik, Anda perlu mengecek dan memverifikasi jaringan wifi yang sah disediakan pengelola fasilitas umum tersebut. Memverifikasi jaringan dilakukan guna memastikan bahwa jaringan wifi yang Anda masuki bukanlah jaringan yang sengaja dibuat para scammer.

Baca juga : Maung Bandung Fokus Benahi Lini Depan

Tapi jangan khawatir, sebab di Indonesia biasanya sebagian besar fasilitas umum akan memiliki tanda yang menunjukkan jaringan wifi gratis resmi mereka. Pastikan Anda menghubungkan dengan nama jaringan internet resmi yang disediakan para pengelola fasiltas umum itu.

3. Hapus jaringan saat Anda berhenti menggunakannya

Saat Anda telah tersambung dengan sebuah penyedia jaringan hotspot publik sebelumnya, perangkat Anda mungkin saja akan tersambung ulang ke wifi tersebut secara otomatis saat Anda berada kembali di lokasi tersebut.

Nah karena itu, untuk menjaga Anda tetap aman, maka silakan atur perangkat elektronik Anda Untuk menghapus jaringan yang digunakan sebelumnya- atau setidaknya membuatnya tidak tersambung ulang ke jaringan itu secara otomatis.

4. Gunakan VPN

Ada langkah tambahan yang bisa Anda ambil untuk mengamankan jaringan hotspot publik Anda, yaitu dengan menggunakan VPN. Ya, VPN biasanya menyediakan dua layanan utama untuk menjaga informasi Anda aman dan rahasia.

Baca juga : Anzilla Natasha, Bebaskan Anak Main Di Lantai

Pertama, VPN akan mengenkripsi data Anda, sebab biasanya sebagian besar jaringan wifi publik masih belum terenkripsi dengan aman. Ini akan mempersulit operator jaringan atau siapa pun untuk melihat informasi apa yang Anda kirimkan dan Anda terima.

Kedua, VPN dapat menyembunyikan alamat IP Anda, dengan menyembunyikan lokasi geografis di mana Anda berada saat mengakses internet.

5. Sebaiknya gunakan hotspot ponsel Anda

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan yang paling mudah adalah lebih baik menggunakan jaringan data mobile yang ada pada ponsel pintar Anda.

Menghubungkan internet melalui data mobile di ponsel akan jauh lebih aman daripada menggunakan jaringan wifi publik. Dan jika Anda ingin menghubungkan laptop Anda ke internet, maka Anda dapat menyalakan ponsel Anda, dan menjadikannya sebagai hotspot wifi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.