Dark/Light Mode

5 Tips Atasi Kendaraan Mogok Di Jalan, Jangan Lupa Bawa Jump Starter

Sabtu, 27 April 2024 18:49 WIB
5 Tips Atasi Kendaraan Mogok Di Jalan, Jangan Lupa Bawa Jump Starter

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketika kendaraan mogok, situasi ini dapat menjadi sangat menyebalkan dan bahkan bisa memicu kepanikan. Akibatnya, pengemudi mungkin terpaksa mengambil keputusan yang kurang tepat. Situasi menjadi semakin rumit jika kendaraan mogok di tengah jalan yang sepi dan jauh dari bengkel. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan?

Andri Sutanto, Brand Marketing Manager Notale membagikan lima tips untuk para pengguna mobil yang mengalami mogok di jalan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memindahkan mobil ke tempat yang lebih aman. Usahakan untuk segera memindahkan kendaraan ke bahu jalan atau area yang tidak mengganggu lalu lintas.

"Jangan biarkan meninggalkan kendaraan di tengah jalan. Karena selain mengganggu lalu lintas, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan," kata Andri, dalam keterangannya, Sabtu (27/4/2024).

Kedua, tambah Andri, tandai posisi mobil. Hal ini merupakan salah satu yang perlu diperhatikan. "Pastikan untuk menandai posisi mobil Anda dengan tanda bahaya seperti segitiga pengaman atau hazard lights agar pengemudi lain dapat melihat dan menghindari mobil Anda," ujarnya. 

Baca juga : Tips Hindari dan Hentikan Perundungan di Dunia Maya

Ketiga, tidak meninggalkan mobil tanpa pengawasan. "Sering kali terjadi ketika mogok mobil ditinggalkan oleh pemiliknya. Hal ini bisa sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kejahatan seperti pencurian," ujarnya.

"Selalu pastikan mobil Anda dalam kondisi yang aman dan jangan meninggalkan tanpa pengawasan. Terpenting jangan biarkan barang berharga di dalam mobil dan pastikan pintu mobil terkunci dengan baik," sebut dia. 

Keempat, periksa kendaraan serta identifikasi masalahnya. Setelah mobil berada di area yang aman, lanjut Andri, lakukan identifikasi penyebab mobil dengan tenang. Periksa apakah ada kendala kebocoran atau masalah mekanis lainnya.

"Biasanya keluhan yang sering dialami mobil mogok adalah mobil yang sulit di starter atau bisa juga karena aki yang bermasalah," sebutnya. 

Baca juga : IMI Siap Gelar Kejuaraan Motocross Dunia MXGP dan Kejuaraan e-Karting di IKN

Terakhir, sedia selalu peralatan darurat. Melengkapi kendaraan dengan alat yang mendukung dalam segala situasi merupakan yang paling penting.

"Sedia selalu peralatan emergency tool yang sangat diperlukan seperti Notale Portable Car Jump Starter, alat pemicu aki kendaran yang telah soak," jelas Andri. 

Diakui Andri, alat ini sangat penting untuk pengendara yang berpergian menggunakan kendaraan dengan kapasitas daya yang besar hingga 12000 MAH.

"Jika baterai terisi full dapat digunakan hingga 40x pemakaian serta dapat menjumper kendaraan dengan bahan bakar bensin, diesel (Max.3500cc), gasoline (Max.6000cc), desain kokoh tahan lama dan konektor car jumper dengan built quality yang sangat kokoh dan aman. Bagian dalam konektor sudah dilapisin dengan plastik sehingga jika berdekatan akan mengurangi potensi terjadinya konsleting," terang Andri. 

Baca juga : Moeldoko: Arus Balik Lebaran Di Pelabuhan Batu Ampar Batam Cukup Lancar

Ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mobil mogok.

 "Ada baiknya untuk terus mengecek keadaan mobil sebelum berkendara agar perjalanan tidak terganggu dan pastikan melengkapi emergency tool dengan Notale Portable Car Jump Starter agar berkendara semakin aman dan nyaman. Notale Portable Car Jump Starter juga bergaransi resmi 12 Bulan serta terdapat 30 sevice center yang tersebar di 30 kota se-Indonesia," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.