Dark/Light Mode

Mendagri Ingatkan Anggaran Pilkada Jangan Coba coba Disunat

Kamis, 28 Maret 2024 06:03 WIB
Mendagri , Tito Karnavian
Mendagri , Tito Karnavian

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah pusat meminta Pj kepala daerah segera memenuhi kebutuhan anggaran Pilkada Serentak 2024 di masing-masing daerah.

Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024, yang akan memilih 37 Gubernur, 93 Walikota dan 415 Bupati.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, pemenuhan anggaran Pilkada perlu dilakukan secara tepat waktu karena pihak penyelenggara harus menjalankan sejumlah tahapan.

Baca juga : Please, Pemudik Jangan Lama-lama Di Rest Area

Oleh karena itu, mantan Kapolri ini menekankan, anggaran yang telah disepakati bersama melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dapat disalurkan sebanyak 40 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 dan 60 persen APBD Tahun 2024.

"Kami telah mengingatkan kepala daerah mengenai persentase penyaluran anggaran tersebut sejak Januari 2023 melalui surat edaran. Hampir semua daerah sudah menandatangani NPHD,” kata Tito yang dikutip dalam siaran pers Rabu (27/3) .

Lebih lanjut, Tito mendorong Pj kepala daerah segera menghitung ketersediaan anggaran sesuai dengan kesepakatan dalam NPHD dan meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar mengecek betul ketersediaan anggaran tersebut.

Baca juga : Prabowo Panen Ucapan Selamat Pimpinan Dunia

Selain itu, Tito juga mengingatkan Pj kepala daerah agar terus berupaya mengendalikan inflasi, karena pengendalian inflasi ini berkaitan dengan upaya memastikan pangan masyarakat tersedia di pasar dengan harga yang terjangkau.

"Rapat koordinasi pengendalian inflasi terus dilakukan. Rapat itu  melibatkan kementerian dan lembaga terkait maupun pemerintah daerah," tegasnya.

Karena itu, Mendagri meminta Pj kepala daerah dapat menjaga laju inflasi di angka 2,5 persen, dengan angka paling rendah 1,5 persen dan tertinggi 3,5 persen. Masalahnya, meski saat ini angka inflasi secara nasional terkendali, kondisi di daerah masih beragam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.