Dewan Pers

Dark/Light Mode

Solo Traveling ke Lombok? 5 Tempat Wisata Ini Bisa Jadi Tujuan

Selasa, 19 Nopember 2019 13:04 WIB
Pantai Kuta Mandalika, tempat wisata favorit di Lombok. (Foto: Istimewa)
Pantai Kuta Mandalika, tempat wisata favorit di Lombok. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lombok jelas punya daya tarik sendiri yang tidak kalah dari pulau tetangganya, Bali. Tidak heran kalau Lombok sering disandingkan dengan destinasi utama wisata Indonesia itu. Namun, banyak hal yang hanya bisa Anda temukan di Lombok, tetapi tidak di Bali. Anda bisa datang ke Lombok kapan saja, baik traveling sendirian atau bersama teman, keluarga, maupun pasangan.

Ya, meski Lombok sering dijadikan destinasi bulan madu, tidak ada salahnya jika Anda ingin pergi sendirian ke sana. Hitung-hitung survei sebelum nanti menikmati liburan romantis dengan pasangan.

Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil saat pelesir sendirian, yaitu memakai jasa tur atau menyewa kendaraan sendiri seperti motor maupun mobil.

Masing-masing tentu ada plus minusnya, tinggal Anda sesuaikan saja dengan budget yang ada. Anda tak perlu bingung juga soal akomodasi, karena saat ini sudah banyak hotel di Lombok yang bisa Anda booking sebagai tempat menginap. Nah, mana saja tempat wisata Lombok yang cukup aman untuk Anda kunjungi sendirian?

Berita Terkait : 5 Tempat Wisata Zaman Now di Solo

Pantai Kuta Mandalika
Fasilitas di kawasan Pantai Kuta Mandalika memang belum semodern di Pantai Kuta Bali. Namun, kehadiran beachwalk, deretan penjaja makanan dan minuman yang tertata rapi, toilet, dan arena bermain anak, membuat tempat ini ramai dikunjungi. Hanya sekadar duduk santai di tepi laut pun sudah bisa menenangkan hati sambil menyegarkan diri dengan kelapa muda dingin. 

Desa Sade
Kalau Anda tertarik dengan budaya suku Sasak, penduduk asli Lombok, datang saja ke Desa Sade. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Kuta, sehingga Anda bisa sekaligus mampir usai bermain di pantai. Di desa ini, penduduknya masih hidup memegang tradisi leluhur. Terlihat dari deretan rumah beratap ilalang dan berdinding bambu, tradisi menenun turun temurun bagi perempuan Sasak, dan kebiasaan mengepel lantai dengan kotoran kerbau. Berfoto, membeli cenderamata, dan berbincang dengan penduduk setempat tentu menjadi pengalaman unik bagi Anda.

Desa Sukarara
Tertarik kenal tenun khas Lombok lebih dalam? Mampir saja ke Desa Sukarara, lokasinya juga masih berdekatan dengan Desa Sade. Desa ini terkenal karena tenun songket bermotif khas, seperti tokek, kembang delapan, kembang empat, dan ayam. Dengan benang pilihan dan pewarna alami, sulit untuk tidak jatuh cinta pada tenun Lombok ini. Anda boleh lho mencoba bagaimana menenun, selain melihat langsung bagaimana para penenun ini bekerja tentunya.

Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan

Berita Terkait : Inilah 5 Wisata Romantis di Malang

Deretan bangunan tua bergaya art deco ternyata masih menyisakan kejayaan Kota Tua Ampenan. Dari pusat kota Mataram, pergilah saat sore hari untuk meresapi suasana syahdu kawasan ini. Dulu Ampenan sempat menjadi pelabuhan utama Lombok, sebelum pindah ke Lembar. Karena itulah, Anda akan berjumpa penduduk dari berbagai suku, seperti Bugis, Jawa, Banjar, Bali, Arab, dan Cina. Menjelang matahari terbenam, Anda bisa duduk di kawasan bekas pelabuhan untuk menikmati sunset sambil mengisi perut dengan kuliner khas Lombok yang super lezat! 

 

Taman Narmada

Taman Narmada

Suasana syahdu dan sakral bakal menyambut Anda saat menginjakkan kaki di Taman Narmada. Taman yang dibangun tahun 1727 ini dipandang sebagai replika Gunung Rinjani. Beberapa hal yang bisa Anda temui di Taman Narmada adalah diorama budaya suku asli Lombok, suku Sasak, Pura Narmada yang harus dicapai dengan menaiki banyak anak tangga, dan air suci yang dipercaya bisa membuat awet muda. Menarik kan?

Berita Terkait : Film Lo Ban Teng Perpaduan Bintang Indonesia dan Tiongkok

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata Lombok yang aman untuk solo traveler perempuan. Supaya Anda bertambah nyaman, pastikan sudah memesan hotel murah dengan aplikasi Airy. Hotel di Lombok yang bergabung dengan jaringan properti ini punya jaminan kenyamanan sama, seperti tempat tidur bersih, WiFi gratis, televisi, air hangat, dan AC. Letaknya juga kebanyakan strategis tepat di pusat kota. Jadi, Anda tidak akan kesulitan dalam hal akses transportasi maupun urusan perut.

Bagaimana, apakah Lombok sudah menggoda Anda untuk memulai solo traveling kali ini? [SRI]