Dark/Light Mode

Masih Banyak yang Salah dalam Gosok Gigi

Sabtu, 30 November 2019 21:42 WIB
Penyuluhan gigi yang dilakukan FKG Usakti, di Jatipulo 01 Pagi, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (28/11). (Foto: Istimewa)
Penyuluhan gigi yang dilakukan FKG Usakti, di Jatipulo 01 Pagi, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (28/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut sering dianggap sesuatu yang biasa. Padahal, cara menggosok gigi dan kapan waktunya perlu diperhatikan dengan baik. Semua demi kesehatan gigi dan mulut.

Demikian disampaikan drg. Ciptadhi Tri Oka. "Kebiasaan menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut merupakan hal sepele. Namun, masih banyak yang salah," ucapnya, Sabtu (30/11).

Baca juga : Pertamina EP Bantu Selamatkan Satwa Langka Asal Aceh Tamiang

Untuk itu, pihaknya melakukan kegiatan penyuluhan dan pengobatan gratis gigi dan mulut bagi anak-anak di SDN Jatipulo 01 Pagi, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (28/11). Kegiatan ini diharapkan membuat anak-anak memahami cara menggosok gigi dengan baik. "Kami mengajak anak-anak mengetahui gosok gigi yang benar dan menjaga kesehatannya," tuturnya.

Kegiatan penyuluhan dan pengobatan gratis gigi dan mulut tersebut merupakan salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) ke masyarakat. Di penyuluhan ini, anak-anak begitu antusias mendengarkan informasi terkait kesehatan gigi dan cara menggosok gigi yang benar. 

Baca juga : Jokowi Heran Cangkul Saja Impor

"Anak-anak juga semangat dalam memeriksa giginya," tambah Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat FKG Usakti tersebut. Penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut ini dilakukan 5 orang dokter dan dibantu 15 orang mahasiswa yang sedang menjalankan koas. 

Wakil Kepala SDN Jatipulo 01 Pagi Palmerah, Erlinda Nadar, berterima kasih terhadap dokter gigi dari FKG Usakti yang telah memberikan penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut  secara gratis. "Kami baru tahu pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, selain untuk kesehatan guru juga untuk murid-muridnya sehingga terbiasa menggosok gigi dan memeriksa kesehatan gigi dan nukut kedokter secara berkala" tuturnya.

Baca juga : Mahalnya Tiket Pesawat Jadi Kendala Industri Pariwisata

Ini adalah tahun kedua FKG Usakti melaksanakan kegiatan di SDN Jatipulo 01 Pagi. Erlinda berharap, kegiatan ini  dapat berlangsung secara terus menerus setiap semester supaya anak terbiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut secara benar. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.