Dark/Light Mode

Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan DOA

Senin, 16 November 2020 17:13 WIB
Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk Dedyanto Henky Saputra (kanan atas) bersama Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat Irwen Azhari (kiri bawah) saat diskusi virtual/Foto: Merry Apriyani
Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk Dedyanto Henky Saputra (kanan atas) bersama Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat Irwen Azhari (kiri bawah) saat diskusi virtual/Foto: Merry Apriyani

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, meningkatkan imunitas tubuh wajib dilakukan oleh masyarakat demi menjaga kesehatan saat pandemi.

Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk Dedyanto Henky Saputra mengatakan, pentingnya ikhtiar untuk menambah ketahanan tubuh dari dalam demi mengingkatkan omunitas melalui DOA.

"D adalah diet sehat, O adalah olahraga secara teratur. Lalu, A-Aktifkan kebiasaan baik," jelas Dedyanto dalam diskusi virtual yang digagas Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM).

Menurut Dedyanto, diet dengan makan makanan yang bergizi, berbagai macam jenis nutrisi serta minum air teratur. Untuk olahraga yang disarankan dilakukan minimal aerobik 150 menit per minggu dengan intensitas moderat atau 75 menit per minggu aerobik dengan intensitas tinggi.

Baca juga : TransJakarta Alihkan Lima Rute Imbas Penutupan Jalan

"Aktifkan kebiasaan baik, seperti tidur yang cukup dan manajemen stres serta kebersihan diri," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama CEO dan Founder Sekolah Otak Indonesia Taufiq Pasiak menjelaskan, cara meningkatkan imunitas tubuh manusia juga bisa melalui cara menanamkan pikiran positif.

"Pikiran positif akan menimbulkan sikap tenang dalam menghadapi sesuatu. Dalam kondisi tenang, hormon endorfin akan muncul," jelas dia.

Di dalam tubuh manusia, kata Taufiq, sudah terdapat hormon endorfin yang bisa memberikan energi positif. Hormon endorfin dapat dipicu dalam kondisi tenang.

Baca juga : Jokowi Minta Fintech Bantu Tingkatkan Inklusi Keuangan

Endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif. Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia.

"Selain bersikap tenang dan waspada, rileks agar tidak muncul kepanikan. Tingkatkan imunitas berdasarkan prosedur kesehatan, misalnya tidur cukup, mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga," jelasnya.

Ketua JPKM Irwen Azhari mengatakan, JPKM terpicu untuk melakukan kampanye cara meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

"Selama ini yang sering diinformasikan hanya menerapkan perilaku disiplin protokol kesehatan. Ada satu yang terlupa yaitu meningkatkan imunitas tubuh yang wajib dilakukan oleh masyarakat," ucap Irwen.

Baca juga : Rerie Dorong Peningkatan Kualitas Parpol

Selain melakukan kampanye meningkatkan imunitas tubuh, Irwen mengatakan JPKM akan melakukan acara donasi dan edukasi.

JPKM juga akan memberikan bantuan kepada ibu-ibu, sebagai garda terdepan di keluarga. Selain memberikan kasih sayang, ibu juga akan menyebarkan informasi terbaik kepada keluarga [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.