Dewan Pers

Dark/Light Mode

Cegah Penularan Covid

FKGM-P Usakti dan Alsun Suksesindo Bangun Ruangan Bertekanan Negatif di Ruang Praktik Dokter Gigi

Jumat, 20 Nopember 2020 06:40 WIB
Cegah Penularan Covid FKGM-P Usakti dan Alsun Suksesindo Bangun Ruangan Bertekanan Negatif di Ruang Praktik Dokter Gigi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan dalam pola pelayanan kesehatan, khususnya di rumah sakit , tidak terkecuali pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Ruang praktik dokter gigi adalah tempat yang sangat berisiko untuk penularan Covid-19 karena tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi saat merawat pasien, banyak menghasilkan aerosol yang dapat saja membawa virus penyebab Covid-19 dan berpotensi menyebar di dalam ruang praktek.

Berita Terkait : Ingat Selalu Ya, Jangan Lengah, Jangan Anggap Enteng Prokes

Pengendalian dan pencegahan dalam lingkungan rumah sakit sangat diperlukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Untuk itu, agar dapat memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang aman dan berkualitas pada pasien, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi (RSGM-P FKG Usakti) bekerja sama dengan PT Alsun Suksesindo, membangun ruangan tindakan bertekanan negatif.

Dengan fasilitas ini, aerosol yang terbentuk pada saat tindakan pelayanan gigi akan diserap dan berganti dengan udara bersih sehingga risiko penyebaran virus Covid-19 dapat diminimalisir.

Berita Terkait : Silaturahmi Jalan, Tetapi Jangan Lupa Jaga Prokes

Tak hanya itu, udara dari ruangan bertekanan negatif juga akan disaring dengan Hepafilter berulang kali, sehingga udara yang dikeluarkan juga sudah sangat aman dan tidak akan menyebar dan mencemarkan lingkungan luar gedung.

“Seperti kita ketahui, tingkat penularan Covid-19 begitu tinggi di tempat tertentu. Tapi kalau di ruangan bertekanan negatif, semuanya sudah terkendali. Dan tekanan udara lebih rendah, sehingga virus pun tidak masuk dari luar ke dalam,” terang Rektor Universitas Trisakti, Ali Gufron Mukti, usai upacara pembukaan fasilitas ruangan negatif di RSGM-P FKG Usakti, Jumat (20/11).
 Selanjutnya