Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Gampang Cari Kerja? Simak Tips Bos BUMN Dengan 2,7 Juta Follower Tiktok

Senin, 27 September 2021 12:11 WIB
Asisten Direktur MIND ID sekaligus influencer Tiktok, Vina A Maulina Omar (Foto: Istimewa)
Asisten Direktur MIND ID sekaligus influencer Tiktok, Vina A Maulina Omar (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak perusahaan kembali beraktivitas, seiring turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Coba saja ketik kata kunci “Lowongan Kerja September 2021” di Google, maka peluang pekerjaan pun ramai bermunculan.

Terkait situasi ini, Asisten Direktur di Holding BUMN Pertambangan MIND ID, sekaligus influencer dengan 1,2 Juta Follower di Tiktok, Vina A. Maulina Omar mengatakan, fenomena tersebut adalah peluang yang tidak datang dua kali.

Oleh karena itu, Vina mengajak para lulusan baru (fresh graduate) untuk mempersiapkan diri, agar dapat memulai karier dan kehidupannya dengan cemerlang.

Baca juga : TNI Dan Polri Kembali Baku Tembak Dengan KKB Di Kiwirok Papua

"Butuh trik tersendiri supaya bisa mencapai karier dan impian yang gemilang di masa depan. Apalagi  di era post-pandemi seperti ini. Karena saingan kita untuk mencari kerja dan berkarir nantinya bukan hanya fresh graduate (lulusan baru). Tetapi juga para experienced hire (profesional berpengalaman), yang menganggur akibat pandemi,” ungkap Vina bersama para influencer lainnya pada acara Youth Inspiring Talk, yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta bersama Campuspedia dan SEVIMA, Sabtu (25/9).

Sebagai sosok yang kerap viral di Tiktok karena membagikan tips dan pengalamannya dalam mencapai puncak karir di usia muda, Vina dan para influencer punya 4 tips khusus untuk merintis karier pasca pandemi bagi para lulusan baru.

Pertama, pastikan tujuan kariermu. Setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Ada yang ingin mencari uang sebanyak-banyaknya, ada yang ingin membanggakan keluarga dan daerahnya. Ada juga yang ingin mengabdikan diri, untuk kemajuan di sektor ataupun bidang tertentu.

Semua tujuan itu sangat mulia. Oleh karena itu, tujuan karir perlu dipikirkan dan ditentukan sedini mungkin.

Baca juga : Dukung Percepatan Pengendalian Covid-19, Bodrex Bagikan 2,5 Juta Masker

“Bukan sebuah hal yang sulit untuk membangun karier di masa depan. Namun, perlu diingat. Membangun karier ini harus dipikirkan secara matang, mulai dari membuat tujuan karir. Pertanyaannya sederhana: apa sih yang kamu inginkan dalam pekerjaan?” jelas Vina.

Menurutnya, cara mencari tujuan karier tidaklah sulit. Bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti memahami potensi, bakat, dan passion yang selama ini dimiliki.

Dari situ, milenial bisa mulai menulis dan memetakan apa yang selama ini ingin dicapai sebagai tujuan karier.

"Cobalah menulis dan memvisualisasikan rencana-rencana tersebut. Baik jangka pendek dan jangka panjang. Agar rencana tidak mudah dilupakan, dan menjadi peta jalan kehidupan yang runtut serta sistematis," papar Vina.

Baca juga : Dubes Kamapradipta Ismono, Bahas Kerja Sama Dengan Raja Gustaf

"Coba deh tanya ke diri kamu sendiri, lalu tulis dan petakan apa sih yang sebenarnya kamu inginkan. Lalu pastikan passion seperti apa sih yang cocok untuk diri kamu lakukan. Lalu kita buat secara runtut, supaya eksekusi, time management, dan mengatur apa yang harus kamu lakukan, menjadi mudah,” ungkap sosok yang pernah menjuarai None Jakarta 2014 ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.