Dark/Light Mode

Jelang Hari Osteoporosis Nasional

KALBE Siapkan Serangkaian Acara

Minggu, 10 Oktober 2021 14:32 WIB
Neo Entrasol. (Foto: Ist)
Neo Entrasol. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Karena itu, dia menjelaskan, rangkaian acara digelar untuk mengedukasi pentingnya menjaga kekuatan tulang lewat nutrisi dan olahraga yang tepat, sehingga walau beraktivitas di rumah saja, kita bisa tetap aktif bergerak.

Menurut pedoman pengendalian osteoporosis yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), di seluruh dunia, satu dari tiga perempuan dan satu dari lima laki-laki berusia lebih dari 50 tahun mengalami osteoporosis.

Baca juga : Cadangan Devisa Naik, Rupiah Ikutan Perkasa

Diperkirakan dua dari lima penduduk Indonesia juga berisiko terkena osteoporosis . Bahkan pada tahun 2050, pria dan wanita lebih dari 50 tahun (paling berisiko untuk osteoporosis) akan menjadi 1/3 dari total penduduk Indonesia.

Sementara itu, spesialis Ortopedi & Traumatologi dr Ricky Edwin Pandapotan Hutapea dalam diskusi menyambut HON 2021 menjelaskan, osteoporosis dapat menyerang siapa saja. Terutama, orang dewasa dan lansia.

Baca juga : Jelang Thomas-Uber, Gregor Cs Adaptasi Arah Angin

"Osteoporosis merupakan penyakit penurunan massa tulang yang tersembunyi (silent disease) dengan tanda dan gejalanya tidak disadari. Penyakit ini bisa dikatakan silent disease karena pasien biasanya tidak merasakan keluhan apapun. Hingga suatu saat bisa terjadi patah," ujarnya.

Sementara spesialis gizi klinik dr Ida Gunawan menganjurkan masyarakat mulai memperbaiki gaya hidup dan juga pola makan.

Baca juga : Buntut 29 Orang Kepatil Covid, Menpora Bakal Kumpulkan Seluruh Panitia PON

"Osteoporosis dapat disebabkan salah satunya karena faktor usia, rendahnya asupan kalsium, antioksidan, protein, maupun kurangnya aktivitas fisik serta gaya hidup yang kurang sehat," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.