Dark/Light Mode

Anak 6-10 Tahun Mau Divaksin Covid

Vaksinasi Di Sekolah Aja Biar Siswa Nggak Takut

Selasa, 14 Desember 2021 06:55 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
“Nanti kami atur, entah itu di tempat-tempat seperti di Puskesmas, sekolah, atau tempat-tempat lainnya. Kami carikan yang terbaik. Tentu harus didata kembali. Kami sesuaikan berapa kebutuhan vaksin, stok vaksin, nanti disesuaikan. Kita tunggu saja,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kemenkes menyiapkan 6,5 juta dosis vaksin Sinovac untuk kegiatan vaksinasi anak 6-11 tahun. Kegiatan vaksinasi anak akan dimulai pada 24 Desember 2021.

Baca juga : Cek Di Sini, Vaksin Covid Yang Sudah Dinyatakan Aman Untuk Anak

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin Sinovac sudah diberikan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk anak usia 6-11 tahun.

Untuk lokasi vaksinasi, nanti akan diatur dalam petunjuk teknis (juknis).

Baca juga : Kasus Covid-19 Merebak Di Sekolah, Bupati Nanta Hentikan PTM

“Lokasi vaksinasi anak bisa di sekolah, fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi. Semuanya bisa. Untuk stok, tunggu kedatangan,” katanya.

Bagaimana dengan anak yang belum sekolah atau mengenyam pendidikan non formal, jika vaksinasi digelar di sekolah? Menurut Siti, hal itu akan ditangani Dinas Sosial setiap daerah.

Baca juga : Putin Sudah Disuntik Vaksin Booster, Katanya Nggak Sakit

Pemerintah Pusat menargetkan vaksinasi anak di bawah 12 tahun dimulai pada 24 Desember 2021. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Kegiatan vaksinasi anak berusia 6-11 tahun ini hanya bisa dilakukan pada daerah yang sudah memenuhi ketentuan total masyarakat yang sudah divaksin di daerah tersebut. Di antaranya, telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.