Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jakarta Gempa, Di Lantai 30 Berasa Naik Ayunan

Jumat, 14 Januari 2022 19:31 WIB
Peta lokasi gempa M6,7 di wilayah Sumur, Banten, Jumat (14/1). (Foto BMKG)
Peta lokasi gempa M6,7 di wilayah Sumur, Banten, Jumat (14/1). (Foto BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah wilayah di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi) diguncang gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,7 yang berpusat di Banten, Jumat (14/1). Dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi sekitar pukul 16:05 WIB.

Sumber gempa berasal dari 52 kilometer barat daya Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG menyatakan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berita Terkait : Erick Ingin Bersihkan BUMN

“Saya di lantai 27 goyangnya keras dan kerasa banget. Lagi kerja duduk di sofa, ikut goyang. Chandelier juga ikut goyang,” kata Kartika Sari yang berada di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat

“Saya sampe ketakutan. Dari building management langsung ada pengumuman via internal speaker kalau ada gempa dan semua diminta tenang. Jangan berada di dekat pintu, jendela atau benda yg berpotensi jatuh. Ini gempa terkuat yg pernah saya rasakan,” imbuhnya.

Berita Terkait : Begini Serunya Menpora Dan Menteri Kabinet Bermain Bulu Tangkis

Hal serupa juga dialami Benjamin di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan. “Saya sedang di lantai 30 berasa kayak naik ayunan,” katanya.

Ia sempat keluar gedung. Tapi tak beberapa lama kemudian, gempa susulan berkekuatan Magnitudo 5,7 terjadi. “Tadinya mau nyoba naik tangga mau ngambil laptop dan kunci kendaraan kelihatan lampu kristal di lantai atas masih goyang, wah langsung turun lagi. Ada semenitan lah lamanya,” sambungnya.

Berita Terkait : Djoker Absen Di Australia Open, Nadal Diuntungkan

Mia yang berada di Sawangan Depok juga merasakan hal sama. “Kaget juga. Saya lari keluar rumah dari lantai atas,” tuturnya.

Kisah warga mengenai gempa berseliweran di jejaring pesan singkat hingga media sosial. Bahkan cuitan soal “Gempa” menempati trending topic nomor satu. Beberapa warganet membagikan pula video kerumunan orang berduyun-duyun keluar dari gedung perkantoran di Jakarta saat gempa terjadi.[MEL]