Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anggarkan Puluhan Miliar Rupiah

DPRD Minta DKI Bikin Terang Makam

Jumat, 8 April 2022 11:20 WIB
Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) memperbaiki dan meningkatkan fasilitas di sejumlah taman pemakaman umum (TPU). Sehingga, pengunjung dan warga sekitar menjadi lebih nyaman.

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh menyampaikan, sejumlah TPU yang perlu mendapat sentuhan peningkatan sarana dan prasarana yakni TPU Menteng Pulo Jalan Casablanca Jakarta Selatan dan TPU Kober Jatinegara Jakarta Timur.

“Saya melihat beberapa makam kurang penerangan. Jadi kalau malam itu agak gelap. Terutama di Casablanca dan di daerah Kober. Itu harus jadi perhatian Dinas,” ujarnya di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (7/4).

Baca juga : Berbuka Puasa, Haruskah Dengan Yang Manis?

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi D Jamaluddin Lamanda. Ia menyebutkan selain TPU di atas, TPU Karet Bivak saat ini tampak kumuh dan perlu mendapat perbaikan di sejumlah fasilitas. Selain itu, ia juga meminta  Dinas Pertamanan DKI menambah fasilitas pendukung seperti tempat ibadah di TPU untuk keperluan pemakaman.

“Di beberapa makam memang yang paling riskan itu adalah fasilitas Musala,” ungkapnya.

Kepala Distamhut DKI Jakarta, Suzy Marsitawati menjelaskan, untuk perbaikan sarana dan prasarana TPU telah masuk ke dalam program kerja pihaknya di tahun 2022 ini. Salah satunya untuk penataan TPU Karet Bivak dianggarkan sebesar Rp 7,6 miliar dan Rp 1 miliar untuk TPU Budi Dharma.

Baca juga : Ekonomi Membaik, Rupiah Makin Cerah

“Pemakaman Budi Dharma atau Semper, memang tahun ini akan dilakukan perbaikan jalan area pemakaman senilai satu miliar,” ucapnya.

Selain itu Suzy juga menganggarkan pembangunan fasilitas penunjang seperti membuat gedung kantor dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tujuh TPU dengan anggaran Rp 15,5 miliar.

“Tujuh lokasi yaitu di TPU Rorotan, TPU Bambu Wulung, TPU Pondok Ranggon, TPU Kampung Dukuh, TPU Srengseng Sawah, TPU Tegal Alur, dan TPU Menteng Pulo,” tandasnya. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.