Dark/Light Mode

Mau Wisata Ke Ragunan?

Simak Nih, Syarat Dan Cara Beli Tiketnya

Kamis, 5 Mei 2022 19:28 WIB
Burung Pelikan koleksi Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Istimewa)
Burung Pelikan koleksi Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Buat yang mau wisata ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), jangan langsung ngacir ke lokasi. Soalnya, tidak ada penjualan tiket on the spot. Setiap pengunjung harus mendaftar online sehari sebelum kunjungan.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan, Bambang Wahyudi menjelaskan, aturan ini untuk pencegahan Covid-19. Sistem online itu sudah berjalan sejak 2020.

“Sudah dua tahun, bukan hal yang baru. Tapi karena saat ini momen libur Lebaran, orang jadi heboh, kok Ragunan aturannya baru. Padahal itu aturan lama yang kami pertegas lagi bahwa pengunjung melakukan pendaftaran online,” kata Bambang di Ragunan, Kamis (5/5).

Bahkan, diungkap Bambang, syarat masuk TMR diperkuat lagi dengan sudah vaksin dosis dua untuk orang dewasa, dan bagi anak-anak vaksin dosis satu.

“Itu tujuannya adalah untuk membatasi jumlah pengunjung, supaya tidak terjadi lonjakan yang cukup tinggi, karena berisiko saat ini masih pandemi,” jelasnya.

Baca juga : Mau Liburan Ke Ragunan Saat Lebaran, Catat Nih Ketentuannya

Bagi calon pengunjung yang sudah terlanjur sampai di Ragunan, namun belum daftar online disarankan untuk kembali. Sebab pihaknya tak bisa memberi toleransi.

“Daftar online lebih dulu untuk hari berikutnya, karena kasihan bagi yang sudah mendaftar. Kami utamakan yang ikut prosedur,” tandasnya.

Berikut cara pesan tiket Kebun Binatang Ragunan beserta harga lengkapnya:

Buka link bit.ly/PesantiketTMR

Isi form data diri beserta KTP yang didaftarkan (1 KTP maksimal untuk 5 orang)

Baca juga : Bulan Ramadan, PPI Salurkan Lebih Dari 25 Ribu Paket Pangan

Bukti pendaftaran akan dikirim ke email yang didaftarkan (email tidak langsung dikirim, jadi mohon ditunggu)

Jika sampai hari kunjungan belum mendapatkan email konfirmasi, tunjukkan KTP di loket masuk Kebun Binatang Ragunan dan bukti screenshot "Terimakasih Telah Mendaftar"

 

Untuk aturannya sendiri, para pengunjung Kebun Binatang Ragunan harus mematuhi aturan seperti:

1. Mendaftar secara online pada H-1 kunjungan melalui link bit.ly/PesantiketTMR.

Baca juga : Polda Metro Tegaskan Tak Ada Tilang Saat Ganjil Genap Di Tol

2. Pengunjung wajib sudah vaksinasi Covid-19 dengan ketentuan: Dewasa (dosis lengkap pertama dan kedua), Anak usia 6-12 tahun (wajib tunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama), Wajib scan PeduliLindungi, Wajib menggunakan masker, dan Kapasitas maksimal pengunjung 75 persen.

Untuk harganya adalah sebagai berikut:

1. Dewasa: Rp 4.000, Anak-anak: Rp 3.000

2. Kendaraan: Motor: Rp 3.000, Mobil: Rp 6.000, Sepeda: Rp 1.000, Bus Sedang: Rp 12.500, Bus Kecil: Rp 15.000. (DRS)

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.