Dark/Light Mode

Mantap Menuju Net Zero Emissions

6 Oleh-oleh Anies Dari Eropa, Bakal Bikin Transportasi Jakarta Makin Keren

Minggu, 29 Mei 2022 08:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya (kanan) usai penandatanganan MoU antara PT Transportasi Jakarta dengan Switch Mobility di KBRI London. (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya (kanan) usai penandatanganan MoU antara PT Transportasi Jakarta dengan Switch Mobility di KBRI London. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pulang dari Eropa, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa oleh-oleh penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di bidang transportasi.

Anies serius ingin mewujudkan Jakarta sebagai "Kota Kolaborasi" atau "The City of Collaboration".

MoU mengekspresikan ruang kolaborasi yang disepakati antar dua pihak, yang kemudian dilanjutkan dengan kerja-kerja teknis yang intensif.

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan), menyaksikan penandatanganan MoU antara MRT Jakarta dengan PT Alstom untuk kerja sama solusi sistem perkeretaapian di KBRI Paris.

Baca juga : Menhub Resmikan Kampus Politeknik Transportasi Darat Di Bali

 

"Dalam rangkaian pertemuan di Eropa beberapa waktu lalu, kami berkesempatan menghadiri beberapa seremoni penandatanganan MoU di bidang transportasi antara MRT, Transjakarta, dan beberapa kolaborator di Eropa," ujar Anies melalui media sosialnya, Sabtu (28/5).

Berikut rincian MoU yang diteken Pemprov DKI Jakarta dengan beberapa kolaborator Eropa:

1. MoU dengan Switch Mobility untuk standarisasi operasional bus listrik.

Baca juga : Mantan Menteri Portugal: Islam Bagian Dari Eropa Bukan Dari Luar

2. MoU dengan Crossrail International untuk penyusunan strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau berkelanjutan sepanjang jalur MRT Fase 3.

3. MoU dengan BloombergNEF untuk mendukung rencana pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik.

4. MoU dengan Transport Studies Unit, University of Oxford untuk pengembangan dan peningkatan kualitas SDM terkait penyiapan bus listrik.

5. MoU dengan PT Alstom untuk kerja sama solusi sistem perkeretaapian, meliputi skema pengadaan rolling stock, sinyal, infrastruktur, dan layanan perkeretaapian.

Baca juga : Evita Siap Dukung Visi Transformasi Kapolri

6. MoU dengan PT Thales untuk solusi teknologi integrasi sistem pertiketan.

"Kami percaya, pemerintah yang berhasil adalah pemerintah yang delivered, atau berhasil menuntaskan rencana yang dibuat. Begitu pula dengan inisiasi kolaborasi ini, kami berharap seluruh MoU dapat menjadi MoU yang hidup, aktif. Sehingga, dapat mendatangkan manfaat nyata bagi pengembangan transportasi publik di Jakarta dan mewujudkan Jakarta Net Zero Emissions 2050," papar Anies. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.