Dark/Light Mode

Beri Apresiasi, Anies Sebut Bank DKI Pemersatu Transportasi Jakarta

Sabtu, 22 Februari 2020 14:52 WIB
Anies Baswedan (Foto: Dok. Bank DKI)
Anies Baswedan (Foto: Dok. Bank DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Bank DKI ke sektor transportasi publik di Jakarta. Anies menyebut, Bank DKI sebagai pemersatu dari semua moda transportasi publik yang ada di Jakarta.          

“Penerapan transportasi publik di DKI Jakarta dilakukan oleh Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. Yang menyatukan adalah perbankan yaitu Bank DKI” kata Anies di sela-sela Seminar Nasional BPD SI Sinergi BUMD DKI Jakarta, di Jakarta, Sabtu (22/02).          

Baca juga : Daerah Perlu Penerapan Transportasi Massal, Contohlah MRT Jakarta

Dukungan Bank DKI di sektor transportasi publik tersebut merupakan perwujudan sinergi BUMD di sektor transportasi. Bank DKI mendukung sistem pembayaran transportasi publik di Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta melalui penggunaan JakCard dan JakLingko. Anies mengingatkan salah satu tugas Bank DKI yang merupakan BUMD bidang perbankan adalah meningkatkan pelayanan bidang transportasi.        

"Bank DKI harus bisa menjadi integrator dari tujuh moda transportasi umum di Jakarta melalui produk perbankan sebagai tiket pembayaran mulai dari angkutan umum bus kecil, menengah, Bus Transjakarta, LRT Jakarta, MRT Jakarta," pesannya pada acara yang dihadiri Ketum Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) Supriyatno dan Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa.        

Baca juga : Jakpro Akan Bangun 3 Lagi Intermediate Treatment Facility di Jakarta

Untuk merealisasi ketersambungan sistem moda transportasi dan alat pembayaran yang sama, Bank DKI harus mampu berkolaborasi dengan sejumlah BUMD dan SKPD. "Kolaborasi seperti ini juga berlaku untuk pelayanan bidang pangan dan pariwisata," ujar Anies pada acara dengan tema Sinergi BUMD dalam Rangka Mewujudkan Peningkatan Kinerja Usaha dan Percepatan Realisasi Program Pembangunan Daerah.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, mengatakan, sejalan dengan perkembangan zaman yang memasuki era 4.0, Bank DKI menyadari bahwa masyarakat Jakarta atau kaum urban kini membutuhkan layanan yang cepat dan praktis. "Oleh karena itu, kami memiliki sejumlah produk dan layanan non tunai yang dapat mengakomodir hal tersebut, salah satunya JakCard," ujarnya.      

Baca juga : Bank DKI Dukung Transparansi Penerimaan Pajak

Jakcard merupakan kartu prabayar yang diterbitkan Bank DKI sebagai alat pembayaran non-tunai. Kepraktisan pembayaran dengan JakCard bisa dimanfaatkan warga, salah satunya untuk pembayaran tiket naik Transjakarta.        

"Memang perlu diakui, pembayaran cashless telah memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, meskipun masih banyak juga yang belum bisa melepaskan kebiasaan membayar dengan uang tunai. Namun, seiring perkembangan teknologi, sebagian masyarakat kemudian memilih pindah haluan, sebagian lagi masih mencoba-coba hidup cashless, sambil tetap memakai uang tunai," tutur Herry. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.