Dark/Light Mode

Ingin Perhatian, Pencari Suaka Duduki Jalan di Depan Gedung Ravindo

Kamis, 11 Juli 2019 15:16 WIB
Para pencari suaka yang duduki Jalan di Depan Gedung Ravindo, Jakarta Pusat, Kamis (11/7). (Foto: Antara)
Para pencari suaka yang duduki Jalan di Depan Gedung Ravindo, Jakarta Pusat, Kamis (11/7). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengungsi dan pencari suaka menduduki jalanan di depan Gedung Ravindo, di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Mereka menuntut agar perwakilan lembaga pengungsi Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) menemui mereka.

Seperti dilaporkan antaranews.com, puluhan pengungsi tersebut menduduki jalan sambil membawa karton dengan tulisan meminta perhatian. Antaranya, "Saya Pengungsi Saya Manusia".

Baca juga : Jakmania Dilarang Sweeping Bobotoh

Perwakilan UNHCR yang ditemani penerjemah akhirnya menemui mereka. Perwakilan UNHCR itu meminta agar kelompok tersebut memilih perwakilan untuk menemui petugas UNHCR dan harus membubarkan diri dari depan Gedung Ravindo.

Namun, pengungsi menolak mengirim perwakilan dan meminta agar petugas UNHCR datang menemui mereka secara langsung. Alasannya, mereka tidak ingin hanya sekadar bertemu. Mereka menuntut hak sebagai pengungsi yang sudah bertahun-tahun berada di Indonesia.

Baca juga : Jokowi Berharap, Pasar Sukawati Bali Jadi Pasar Modern

"Saya mengerti tuntuan kalian, tapi ingat kami ada prosedur sendiri. Ini tidak hanya berlaku untuk kalian tapi semua pengungsi. Dan tolong ingat ketika kalian datang ke rumah seseorang ada peraturan yang berlaku," ujar perwakilan UNHCR yang menemui pengungsi.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, mengatakan bahwa ratusan pencari suaka itu akan direlokasi. Rencana relokasi itu disampaikannya saat meninjau lokasi pengungsian yang ditempati oleh sekitar 241 orang itu di kawasan Kebon Sirih, Jakarta. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :