Dark/Light Mode

Pasien Covid-19 Mulai Serbu Rumah Sakit Rujukan Di Ibu Kota

Kamis, 21 Juli 2022 21:54 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Istimewa)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat keterisian kasur (bed occupancy ratio/BOR) rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 19 persen per 21 Juli 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, persentase tersebut setara dengan 670 kasur. Adapun total terdapat 3.608 tempat tidur khusus pasien Covid-19 di Ibu Kota.

"BOR-nya ada 19 persen. Dari 3.608 tempat tidur, sudah terpakai 670 (kasur)," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/7/).

Baca juga : DPRD DKI Inventarisir Persoalan Air Minum Di Ibu Kota

Politisi Gerindra itu melanjutkan, BOR di ruang intensive care unit (ICU) kini mencapai 12 persen atau 71 ruangan.

Menurut Riza, total terdapat 610 ruang ICU khusus Covid-19 di Jakarta.

"Untuk ICU, dari 610 (ruangan), yang terpakai 71 (ruangan) atau 12 persen," tutur dia.

Baca juga : Ada Yang Positif Covid-19 Di Debarkasi, Jemaah Haji Diimbau Tetap Tenang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata Riza, terus menyiagakan sarana dan prasarana kesehatan di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di Ibu Kota.Selain itu, dia juga mendorong warga Jakarta segera menerima vaksinasi Covid-19 dosis ketiga alias booster.

"Kami, Pemprov, juga memastikan bahwa ada peningkatan penggunaan atau pelaksanaan dari vaksin ketiga atau booster," sebut Riza.

Riza turut mengingatkan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat kini menjadikan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan hingga masuk ke tempat-tempat umum. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.