Dark/Light Mode

Gunung Bromo Erupsi, Status Masih Waspada

Jumat, 19 Juli 2019 21:14 WIB
Ilustrasi Gunung Bromo di Jawa Timur (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Gunung Bromo di Jawa Timur (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Bromo di Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi pada pukul 16.37 WIB. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 milimeter, dengan durasi 7 menit 14 detik. Namun, tinggi kolom abu akibat erupsi ini tidak teramati, karena tertutup kabut.

Baca juga : Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran, Status Masih Level 2 Waspada

"Erupsi ini mengakibatkan abu tipis melintas di atas wilayah Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, yang berjarak sekitar 4 km di arah barat kawah," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, Jumat (19/7).

Baca juga : Di Gunung Sindur, Novanto Taubatan Nasuha

Hingga saat ini, Gunung Bromo masih berstatus Level II (Waspada). Terkait hal tersebut, jarak radius yang aman bagi pengunjung dan wisatawan adalah satu kilometer dari kawah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.