Dark/Light Mode

Gunung Agung di Bali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 2.000 M

Minggu, 21 April 2019 08:44 WIB
Tim BPBD Klungkung membagi-bagikan masker kepada masyarakat, untuk mengantisipasi paparan debu akibat erupsi Gunung Agung, Karangasem, Bali. (Foto: Antara)
Tim BPBD Klungkung membagi-bagikan masker kepada masyarakat, untuk mengantisipasi paparan debu akibat erupsi Gunung Agung, Karangasem, Bali. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4) pukul 03.21 WITA, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak, atau 5.142 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 2 menit 55 detik," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, I Made Rentin, di Denpasar, Minggu (21/4), seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Baca juga : Gunung Merapi 4 Kali "Batuk", BPPTKG Imbau Warga Waspada

Tidak ada korban jiwa maupun luka yang timbul sebagai akibat erupsi tersebut. Namun, sejumlah daerah terpapar hujan abu tebal hingga tipis di Kabupaten Karangasem.

Di Karangasem, paparan hujan abu sampai di Kecamatan Selat (Bukit Galah, Sebun, Telung Bhuana, Badeg Tengah, Badeg Dukuh, Perang Sari, Geriana Kauh, Tegeh Amertha Bhuana, Pura Pasar Agung Sebudi, Br. Pura Sebudi). Di Kecamatan Bebandem (Banjar/Dusun Nangka, Banjar Bukit Paon, wilayah Banjar Butus bagian atas, Banjar Yeh Kori Jungutan, Desa Sibetan bagian atas).

Baca juga : Gunung Agung Erupsi, Warga Diminta Hindari Radius 4 Km

"Paparan hujan abu juga terjadi di luar daerah Kabupaten Karangasem yaitu Kabupaten Bangli dan Klungkung. Bahkan, saat ini paparan hujan abu sudah sampai di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar," ujarnya Rentin, yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali.

Saat ini, personel BPBD sedang turun ke lapangan untuk pembagian masker ke lokasi terdampak hujan abu dan assessment dampak erupsi, serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

Baca juga : Gunung Agung Erupsi 2 Kali, Tinggi Kolom Abu 300-700 M

Di Kabupaten Klungkung, di area lapangan Puputan Klungkung (car free day), seputaran perempatan Agung, dan depan Kantor BPBD Klungkung juga dilakukan pembagian masker oleh Tim BPBD Klungkung kepada masyarakat.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat agar memakai masker, jika sedang beraktivitas di luar rumah, untuk mengurangi dampak sebaran abu vulkanik terhadap kesehatan. Saya juga masih berkomunikasi dengan pihak Angkasa Pura, terkait kemungkinan dampak abu erupsi terhadap penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai," jelasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.