Dark/Light Mode

Siagakan Pompa Dan Petugas Hadapi Musim Hujan

Pemkot Jakpus Patok Banjir Surut Enam Jam

Senin, 12 September 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa).
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi genangan di awal musim hujan. Di antaranya mengoptimalkan fungsi saluran dan pompa air.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan, jajarannya sudah melakukan persiapan antisipasi memasuki musim hujan di delapan kecamatan. Pihaknya terus melakukan pengecekan pompa, saluran dan tali air agar berfungsi optimal.

“Kami juga gencar mengajak warga tidak membuang sampah sembarangan, rutin mengecek aliran air yang berpotensi tersumbat, dan memastikan semua pompa, pintu air, dan tali-tali air berfungsi dengan baik,” ujarnya di Jakarta Pusat, Sabtu (10/9).

Baca juga : Sempat Dihujani Interupsi, Muscablub Peradi Jaktim Berlangsung Sukses

Saat terjadi curah hujan tinggi, papar Dhany, terjadinya genangan tidak bisa dihindari. Apalagi bila aliran air dari hulu, tinggi. Untuk itu, Pemkot Jakpus menyiapkan penanganan khusus untuk mengatasi genangan.

“Kami menargetkan penanganan genangan di satu lokasi tuntas dalam enam jam,” ungkapnya.

Menurut Dhany, petugas selama ini sudah melakukan antisipasi dan penanganan di sejumlah titik rawan genangan. Seperti penanganan titik rawan genangan di Kelurahan Karet Tengsin dengan pembuatan kolam olakan, sumur resapan dan pembuatan pompa di areal Masjid Al Itishom.

Baca juga : Pemerintah Sebaiknya Fokus Pada Permasalahannya Saja

“Kami buat penutup saluran untuk mencegah air mengalir ke lingkungan warga. Air kami crossing (alihkan) ke kolam olakan. Di Benhil juga demikian, kami buat turap-turap sambil fungsi pompa kita optimalkan. Hal serupa juga kita lakukan di Tanah Abang dan Petamburan. Sehingga ketika hujan, kami bisa mengatasinya,” tandasnya.

Untuk memaksimalkan fungsi saluran air, Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tanah Abang menguras saluran air di kawasan Petamburan dan Kebon Kacang, Jumat (9/9).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari mengatakan, untuk menguras saluran di Jalan Petamburan II Rukun Tetangga (RT) 8/Rukun Warga (RW) 09, pihaknya mengerahkan empat petugas SDA.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.