Dark/Light Mode

Jangan Lupa Bahagia, Hadapi Covid Dengan Prokes Dan Vaksinasi

Senin, 18 April 2022 07:05 WIB
Protokol Kesehatan. Ilustrasi. Warga beraktivitas mengenakan masker di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (29/1/2022). (Foto: TEDY OCTARIAWAN KROEN/RM).
Protokol Kesehatan. Ilustrasi. Warga beraktivitas mengenakan masker di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (29/1/2022). (Foto: TEDY OCTARIAWAN KROEN/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Covid-19 lebih sering menyebabkan gejala berat, bahkan kematian. Terutama, bila menginfeksi orang yang rentan. Disiplin protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi jadi ikhtiar ampuh terhindar dari virus asal Wuhan ini.

KPCPEN#PakaiMasker menggungah meme berkaitan dengan kelompok rentan terpapar Covid-19.

Pertama, seorang nenek duduk di kursi dengan mengenakan masker. Disebutkan, populasi rentan perlu lebih berhati-hati dalam berinteraksi sosial. Mereka bisa mengalami risiko gejala berat dan fatal hingga kematian.

Baca juga : Menag Ajak Umat Sukseskan Program Vaksinasi Booster

Kedua, seorang pria yang sedang memegang dadanya yang sesak. Disebutkan, vaksin melindungi dari risiko sakit berat dan kematian akibat Covid-19.

“Mari tetap disiplin protokol kesehatan, yakni memakai masker yang benar, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, dan segera divaksinasi jika gilirannya tiba,” ajak KPCPEN#PakaiMasker.

Akun @tnp2k menyebutkan, kelompok rentan terinfeksi Covid-19. Yaitu, perempuan, penyandang disabilitas, lansia dan pekerja sektor informal.

Baca juga : Ramadan, Bupati Nikson Buka Puasa Dengan Para Ulama Di Tapanuli Utara

Menurut @DGHisyam, kelompok rentan adalah mereka yang punya penyakit kencing manis, darah tinggi, kanker dan paru-paru.

“Pastikan penyakit Anda terlindungi dan stabil sehingga bisa diberikan vaksin Covid-19,” kata @DGHisyam.

Akun @kmgyuuw mengatakan, kelompok lansia dan rentan mendapatkan prioritas utama dalam vaksinasi dosis ketiga. “Vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada masyarakat,” katanya.

Baca juga : Luar Biasa, Warga Serbu Sentra Vaksinasi Booster

“Ayo, vaksin lansia dan tingkatkan ketercapaian lansia telah vaksin agar turun angka mortalitas akibat Covid-19,” ujar @YudhiDharmawa14.

Selain disiplin prokes seperti jaga jarak dan memakai masker untuk tangkal Covid-19, kata @UjangJunior, masyarakat perlu vaksinasi lengkap plus booster membentuk herd immunity sehingga tidak rentan terhadap virus Corona.

“Tujuan utama vaksin adalah pembentukan herd immunity karena anak-anak maupun remaja juga termasuk kelompok yang rentan terkena Covid-19,” ujar @fanyviola.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.