Dark/Light Mode

Sempat Dihujani Interupsi, Muscablub Peradi Jaktim Berlangsung Sukses

Kamis, 8 September 2022 20:23 WIB
Pelaksanaan Muscablub Peradi Jakarta Timur. (Foto: Istimewa)
Pelaksanaan Muscablub Peradi Jakarta Timur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Timur, di Kompleks Mulia Raja, Kebon Nanas, Jakarta Timur, Kamis (8/9), berlangsung dinamis. Meski sempat diwarnai hujan interupsi dari sejumlah peserta, pelaksanaan Muscablub berjalan tertib dan lancar.

Panitia Pelaksana Muscablub Peradi Jakarta Timur Manganju Simanullang menyampaikan, dari 1.854 advokat yang terdaftar di DPC Peradi Jakarta Timur, sebanyak 468 orang hadir dan menjadi peserta. Persidangan Muscablub Peradi Jakarta Timur sempat diskorsing hingga pukul dua siang untuk menunggu para peserta yang mendaftar.

Baca juga : Ketua Komisi Informasi Pusat Lakukan Pembinaan di UIN Bandung

“Setelah dibuka kembali persidangan, sempat terjadi hujan interupsi dari sejumlah peserta, yang mulai membahas Tata Tertib atau Tatib Muscablub dan kepesertaan. Namun, semua dalam koridor yang demokratis dan terkendali dengan baik," tutur Manganju, di lokasi Muscablub.

Manganju melanjutkan, hingga hari H pelaksanaan Muscablub Peradi Jakarta Timur, hanya satu nama yang sudah memenuhi persyaratan dan dinyatakan sebagai calon tunggal, yaitu advokat muda Johannes L Tobing.

Baca juga : Lin Che Wei Klaim Tidak Terima Untung

"Hingga hari H ini, hanya satu bakal calon ketua yang sudah memenuhi persyaratan. Meskipun sudah diberikan tambahan waktu pendaftaran, nyatanya hanya Saudara Johannes L Tobing yang sudah memenuhi persyaratan, dan dinyatakan lolos sebagai bakal calon Ketua DPC Peradi Jakarta Timur," tutur Manganju.

Hingga pukul 16.30 WIB, proses Muscablub Peradi Jakarta Timur masih berlangsung alot. Hujan interupsi dari sejumlah peserta masih tampak terjadi.

Baca juga : Cegah Dampak Negatif Internet, Orangtua Perlu Dampingi Anak Saat Belajar

"Itulah demokrasi kita. Proses Muscablub Peradi Jakarta Timur masih berlangsung. Meskipun ada perdebatan-perdebatan tajam mengenai organisasi, secara umum masih dalam batas-batas kewajaran," ujar Manganju.

Tampak di lokasi puluhan anggota Kepolisian dari Polres Jakarta Timur, berjaga dan mengawal proses Muscablub. "Kehadiran aparat keamanan untuk menjaga keamanan dan ketertiban proses Muscablub," tandas Manganju.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.