Dark/Light Mode

Siagakan Pompa Dan Petugas Hadapi Musim Hujan

Pemkot Jakpus Patok Banjir Surut Enam Jam

Senin, 12 September 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa).
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa).

 Sebelumnya 
Lalu sebanyak tujuh personel dikerahkan untuk menguras saluran air di Jalan Jati Bunder RT 12/RW 09, Kelurahan Kebon Kacang.

“Pengurasan tersebut dilakukan guna mengatasi genangan. Di Petamburan, saluran yang dikuras berukuran lebar dan tinggi sekitar 1 meter, panjang saluran 120 meter. Di Kebon Kacang, panjang saluran yang dikuras sekitar 60 meter dengan tinggi 1 meter dan lebar sekitar 8 meter,” ujarnya di Jakarta Pusat, Jumat (9/9).

Baca juga : Sempat Dihujani Interupsi, Muscablub Peradi Jaktim Berlangsung Sukses

Pihaknya juga akan menguras endapan lumpur di kedua saluran itu. Pengurasan ditargetkan rampung dalam 20 hari ke depan.

“Kami mengimbau warga tidak membuang sampah ke dalam saluran. Karena, mengakibatkan tersendatnya aliran air saat turun hujan lebat sehingga menimbulkan genangan,” imbaunya.

Baca juga : Pemerintah Sebaiknya Fokus Pada Permasalahannya Saja

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Jakpus tergenang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta pada Rabu (7/9) siang.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudin SDA) Jakpus Mustajab mengatakan, ada empat titik genangan air di wilayahnya yakni wilayah Petamburan, Jalan Pegangsaan Barat, Jalan Surabaya, Menteng, dan di pinggir Kali Gresik, Menteng.

Baca juga : Pelapor Ditakut-takuti Bakal Turut Tersangka

“Ketinggian genangan air di empat titik itu mencapai 10 centimeter. Genangan air cepat surut. Hanya 30 menit, air sudah surut kok,” katanya.

Genangan cepat surut, ditegaskannya, karena semua pompa-pompa air milik Sudin SDA Jakpus berfungsi dengan baik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.