Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hari Ini DPRD Sampaikan Usulan Pj Gubernur DKI

Selasa, 13 September 2022 08:50 WIB
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani. (Foto: Istimewa)
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani mengungkapkan hari ini Fraksi Gerindra akan melakukan rapat mengenai siapa saja yang akan diusulkan menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Rencananya akan ada tiga nama yang diusulkan, namun dia enggan menyebutkannya. 

"Kita tunggu hasil rapat fraksi ya," ujar Rani saat dihubungi RM.id.

Diketahui, pada Hari Senin (12/9), DPRD telah melakukan Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab). Adapun skema pengumpulan nama yang akan diusulkan, masing-masing dari sembilan fraksi di DPRD DKI menyetorkan tiga nama berbeda. 

Berita Terkait : DPRD Susun Mekanisme Pengusulan Calon Pj Gubernur DKI

Selanjutnya, tiga nama tersebut dimasukkan ke dalam amplop dan baru dibuka pada Rapimgab kedua pada Selasa (13/9). Setelah itu, nama-nama dari sembilan fraksi tersebut kemudian dihitung sehingga muncul tiga nama terbanyak yang muncul di Rapimgab DPRD DKI.

Rani melanjutkan, Gerindra memiliki kriteria untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta. Dengan segala problematika yang ada, kata dia, Pj Gubernur harus mengerti akan situasi dan kondisi Kota Jakarta. 

"Harus lah profesional, kooperatif, dan dapat berkomunikasi serta bekerja sama dengan seluruh fraksi yang ada di DPRD agar ke depan Jakarta lebih baik," lanjut ia. 

Berita Terkait : Bertemu UAS, Muzani Sampaikan Pesan Prabowo

Dia pun menegaskan, bahwa siapun yang nanti dipilih Presiden sebagai Pj Gubernur, harus mampu menjalankan harapan-harapan dari masyarakat.

"Harapannya bisa dilakukan oleh siapa pun dari golongan dari mana pun," katanya. 

Rencananya, DPRD DKI Jakarta menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria hari ini. Masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI habis bulan depan.

Berita Terkait : Juri Ardiantoro Dinilai Layak Jadi Pj Gubernur DKI

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi di Gedung DPRD DKI, Senin (12/9) kemarin menyampaikan usai umumkan pemberhentian Anies, rapat dilanjutkan dengan mengumumkan tiga Pj Gubernur DKI usulan DPRD DKI. ■