Dewan Pers

Dark/Light Mode

Anies Klaim Harga Pangan Di Jakarta Lebih Murah

Kamis, 22 September 2022 11:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan  secara simbolis empat pasar di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9). (Foto: Dede/RM)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan secara simbolis empat pasar di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9). (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat pasar sekaligus. Keempat pasar itu adalah, Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat. Peresmian dilakukan secara simbolis di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9).

"Alhamdulillah hari ini empat pasar bisa diresmikan secara bersamaan," kata Anies dalam sambutannya. Anies menyebut, keempat pasar itu berada di bawah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya.

Berita Terkait : Anies Mulai Dipasarkan Ke Malang

Diungkap Anies, keempat pasar ini telah dilakukan renovasi. Dia pun meminta kepada para pengelola dan pedagang untuk menjaga pasar dan memastikan kenyamanannya kepada siapa saja yang datang. "Kita ingin mempertahankan kehidupan pasar tradisional sambil menghadirkan kebersihan, kerapian, ketertiban," ujarnya.

Menurut Anies, penyediaan pasar yang lebih baik berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus meningkatkan transaksi perekonomian. Di mana, selain meremajakan komplek pasar, dilakukan juga revitalisasi jalan sekitar kawasan pasar.

Berita Terkait : Sahabat Sandi Makassar Gelar Bazar Sembako Murah

"Jalannya jadi lebih baik, lebih rapi. Kemudian kita buatkan juga prinsip zero run out, artinya air hujan yang jatuh di komplek ini tidak dialirkan ke gorong-gorong tapi disiapkan sumur resapan," paparnya.

Di Pasar Cipinang Kebembem dibangun 583 sumur resapan. Tak hanya itu, di sekitar pasar juga dibangun tempat tinggal untuk pekerja pasar. Kehadiran pasar ini, kata Anies, untuk pengelolaan pasokan pangan yang dikerjakan oleh tiga BUMD: Darma Jaya, Pasar Jaya dan Tjipinang Food Station.

Berita Terkait : 5 Lokasi SIM Keliling Jakarta 21 September

Anies bilang, ketiga BUMD tersebut berhasil membuat harga-harga kebutuhan pokok di Jakarta stabil.

"Bahkan lebih murah dengan wilayah sekitar Jakarta. Karena mereka (3 BUMD) bisa kerjasama lintas daerah, mereka punya ekosistem yang lebih sehat," tandasnya. ■