Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringatan Dini BPBD

Kamis Sore, Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Dan Angin Kencang

Kamis, 6 Oktober 2022 12:16 WIB
Peringatan dini BPBD DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)
Peringatan dini BPBD DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta untuk waspada. BPBD menyebut, Kamis (6/10) sore dan menjelang malam hampir seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Peringatan Dini: Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir disertai angin kencang di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore dan menjelang malam hari,” tulis akun Twitter @BPBDJakarta, Kamis (6/10) siang.

Baca juga : Peringati Maulid dan Hari Santri, SDG Yogyakarta Peduli Kesejahteraan Ulama Dan Santri

Tak hanya Jakarta, BPBD juga menyebut jika sebagian wilayah Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor juga akan terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang/sore hingga malam hari. 

Data tersebut, menurut BPBD berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG menyebut saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin. 

Baca juga : BPBD Imbau Warga Jakarta Waspada Banjir Dan Longsor

Kondisi itu dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan. BMKG memperkirakan, selama sepekan ini potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode di wilayah DKI Jakarta.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan lain-lain,” kata BPBD DKI Jakarta dalam akun Instagramnya.

Baca juga : 11 Partai Politik Gigit Jari

BPBD pun mengimbau warga untuk selalu mengupdate informasi banjir terkini melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

“Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman,” sarannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.