Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dilantik Mendagri Tito Karnavian

Sah, DKI Jakarta Punya Gubernur Baru

Senin, 17 Oktober 2022 09:26 WIB
Mendagri Tito Karnavian melantik Kasatpres Heru Budi menjadi Penjabat Gubernur DKI di kantor Kemendagri, Senin (17/10). (Foto: Tangkapan Layar/Dede)
Mendagri Tito Karnavian melantik Kasatpres Heru Budi menjadi Penjabat Gubernur DKI di kantor Kemendagri, Senin (17/10). (Foto: Tangkapan Layar/Dede)

RM.id  Rakyat Merdeka - Heru Budi Hartono sah menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Senin (17/10) pukul 08.30 WIB, Heru telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Ruang Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. 

Selain Heru, Mendagri Tito juga pelantikan Pj Bupati Yapen dan Pj Bupati Tolikara. Yusuf SPd MSi, Kepala Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Papua ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Yapen.
Marthen Kogoya SH, Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Papua sebagai penjabat Bupati Tolikara. 

Baca juga : Airlangga, Bamsoet dan Jutaan Kader Ikuti Jalan Sehat HUT Partai Golkar

Setelah mengucapkan sumpah jabatan yang dituntun Mendagri Tito, ketiga Penjabat tersebut kemudian menandatangani berita acara dan Pakta integritas. Pelantikan ini juga disaksikan Gubernur/Wakil DKI Jakarta Jakarta Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. 

Dalam sambutannya, Mendagri Tito menyebut jika pelantikan Penjabat ini karena berakhirnya masa jabatan pejabat definitif. Tito bilang, pemilihan Penjabat ini sudah melalui seleksi. “Khusus DKI Jakarta. Ada tiga nama yang diajukan oleh DPRD DKI Jakarta. Dalam sidang dipimpin oleh Bapak Presiden serta sejumlah menteri kemudian memutuskan memilih Bapak Heru sebagai pejabat,” kata Tito. 

Baca juga : DKI Resmikan Kampung Kerukunan

Tito juga mengucapkan terima kasih kepada Anies dan Riza atas dedikasinya memimpin DKI Jakarta selama 5 tahun. Tito mengakui, masalah di Jakarta sangat kompleks. “Alhamdulillah (Anies dan Riza) bisa menyelesaikannya, Insya Allah dalam keadaan Husnul Khotimah,” ujarnya. 

Tito pun berharap, Heru dapat menangani masalah di Jakarta. Termasuk, gejolak ekonomi, krisis pangan, energi yang berimbas kepada ekonomi dan keuangan global. “Mari kita bekerja sama nanti untuk menangani permasalahan dampak-dampak nanti, inflasi dan lain-lain,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.