Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Transparansi Publik

Tito Didesak Umumkan Penjabat Gubernur DKI

Jumat, 7 Oktober 2022 07:45 WIB
Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar. (Foto: Istimewa)
Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendesak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito karnavian mengumumkan nama-nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, yang akan diajukan kepada Presiden Jokowi. Pengumuman itu penting sebagai bentuk transparansi kepada publik.

“Sampai sekarang pun, publik tidak tahu yang akan mengambil tongkat kepemimpinan beri­kutnya itu siapa,” tegas Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar, kemarin,

Baca juga : Survei Indomatrik: Warga Jakarta Dukung Penjabat Gubernur Pilihan Presiden Jokowi

Menurut Victor, sampai saat ini publik hanya tahu tiga nama calon Pj Gubernur DKI yang diusulkan oleh DPRD DKI. Tapi, nama-nama Pj yang telah diusulkan itu juga bisa berubah, baik dari jumlah maupun susu­nan namanya. Tergantung hasil penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Victor juga mengingatkan Kemendagri, tidak ada dalam sejarah di Jakarta pasca reformasi, masyarakat tidak mengetahui figur Pj di Ibu Kota. Apalagi masa jabatan Gubernur Anies Baswedan tinggal hitungan jari.

Baca juga : Survei IPO, Anak Buah Tito Dinilai Paling Cocok Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Di satu sisi, Victor mengakui ada proses birokrasi di Kemendagri yang harus dihormati. Tapi di sisi lain, proses transisi kepemimpinan Jakarta juga sangat penting untuk segera dilakukan.

“Kami minta dengan sangat agar Kemendagri memberi kepastian, sehingga Pemprov DKI dan DPRD DKI bisa mulai mempersiapkan transisi kepemimpinan. Ini kan bukan suatu hal yang bisa tiba-tiba. Kalau terlalu tiba-tiba, itu menyalahi asas pemerintahan yang baik,” jelasnya.

Baca juga : Wagub Riza Dukung Penjabat Gubernur DKI Pilihan Jokowi

Terkait sikap PSI, Victor me­negaskan, partainya mendukung Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubenrur DKI. Saat ini, Heru menjabat Kepala Sekretariat Kepresidenan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.