Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Bamsoet Ajak Bumikan Pancasila Dalam Semua Dimensi Kehidupan

Sabtu, 1 Oktober 2022 21:56 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat peresmian Kantor Pemuda Pancasila, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat peresmian Kantor Pemuda Pancasila, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo turut bangga dan bersyukur karena memasuki usia ke-63 tahun, Pemuda Pacasila telah mampu melewati dinamika sejarah dengan segenap kompleksitasnya. Hingga kini, Pemuda Pancasila tetap solid memegang teguh komitmen untuk mengabdikan diri menjadi penegak nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi, pandangan hidup, dan dasar negara. Salah satu faktor ini jugalah yang membuat Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Maruf Amin berkenan menjadi bagian dari keluarga besar Pemuda Pancasila, dengan menjadi sebagai Anggota Kehormatan.

"Rasa bangga dan syukur tersebut tidak boleh menjadikan keluarga besar Pemuda Pancasila lalai dan abai. Saat ini, setelah lewat tiga perempat abad usia kemerdekaan, dan di tengah modernitas zaman yang terus melaju, tantangan menjaga dan merawat Pancasila tidak menjadi semakin mudah, bahkan justru kian terasa berat. Mengingat kehidupan kebangsaan diperhadapkan pada berbagai paradigma, yang menjadi anti-thesis dari nilai-nilai luhur Pancasila," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai mendampingin Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno meresmikan Kantor Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, di Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (1/10).

Baca juga : Kapolri Serukan Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan

Acara Turut dihadiri antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, serta Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agung Laksono.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, satu hal yang menjadi catatan penting, persoalan mendasar dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila, khususnya bagi generasi muda bangsa, adalah 'miskinnya' keteladanan. Penitikberatan fokus perhatian pada generasi muda bangsa sangat penting, mengingat saat ini bangsa Indonesia telah menapakkan kaki pada fase bonus demografi, yang komposisi penduduk didominasi kelompok usia produktif yang mayoritasnya adalah generasi muda.

Baca juga : Bamsoet Ajak Semua Elemen Bangsa Rawat dan Amalkan Pancasila

"Diperkirakan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2045 mencapai 319 juta jiwa, sekitar 70 persen atau sebanyak 223 juta jiwa adalah kelompok usia produktif. Jika tidak dikelola dengan baik, bonus demografi tersebut malah akan menjadi bencana demografi, sebagaimana dialami Brazil dan Afrika Selatan. Tidak ada salahnya kita belajar dari Korea Selatan, China dan Jepang, yang pernah berhasil memanfaatkan bonus demografinya untuk meningkatkan kemakmuran rakyat," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, generasi muda bangsa bukanlah generasi yang mudah percaya dengan bahasa verbal, seruan slogan, dan parade baliho yang sarat simbolisasi. Salah satu yang dibutuhkan generasi muda adalah sebuah role model yang dapat menjadi contoh dalam mengimplementasikan Pancasila dalam ranah realita.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Terapkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

"Karena itu, segenap kader Pemuda Pancasila harus membumikan Pancasila dalam setiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tidak perlu muluk-muluk, tetapi nyata," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.