Dark/Light Mode

Peringatan Hari Habitat & Kota Dunia (2)

TPA Sampah Banjarbakula: Ramah Lingkungan, Satu-satunya Di Kalimantan

Jumat, 14 Oktober 2022 09:30 WIB
Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid
Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) setiap 3 Oktober dan Hari Kota Dunia (HKD) setiap 31 Oktober tahun ini, merupakan rangkaian acara bertema nasional, "Kolaborasi pentahelix dalam pembangunan permukiman dan perumahan perkotaan menuju nol kumuh”.

Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, pada konferensi pers Senin, 3 Oktober lalu. Nol kumuh, jelasnya, juga berarti menciptakan permukiman dan perumahan yang nyaman dan sehat. Termasuk, tidak ada lagi masalah air bersih dan sanitasi.

Baca juga : SPAM Banjarbakula, Kolaborasi Kemen PUPR & Pemprov Kalsel

Bahkan, kata Diana, juga telah tersedia TPS3R, atau Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle, yang juga melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya. Mungkin nanti sampah itu, contohnya, bisa dijadikan kompos. Atau mungkin sampah-sampah plastiknya diolah menjadi biji plastik, dan sebagainya.

“Ini bentuk kreativitas masyarakat yang harusnya selalu diberikan edukasi. Lingkungan dan masyarakat yang bagus, menuju kota yang sehat. Itu harapan kita,” jelas alumni Program Magister Studi Pembangunan, Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Baca juga : Panen Padi, Mentan Terapkan Biosaka Ramah Lingkungan Di Mamuju

Di antara contoh capaian kolaborasi Kementerian PUPR dengan Pemda/Pemprov terkait pengelolaan sampah ini, Diana mencontohkan, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula, di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Banjarbakula adalah singkatan sejumlah wilayah, yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.