Dark/Light Mode

17 RW Di Jakarta Raih Penghargaan Kampung Iklim

Senin, 31 Oktober 2022 19:55 WIB
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengadakan tasyakuran sekaligus penyerahan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Senin (31/10). (Foto: Ist)
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengadakan tasyakuran sekaligus penyerahan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Senin (31/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 17 RW di Jakarta raih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengadakan apresiasi berupa tasyakuran sekaligus penyerahan penghargaan tersebut, Senin (31/10).

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa trophy penghargaan 1 Lokasi Proklim Lestari, yaitu RW 03 Kel. Cempaka Putih Jakarta Pusat. Penghargaan Proklim Lestari adalah penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Selain itu 3 Lokasi meraih penghargaan Proklim Utama, yaitu RW 09 Kel. Penggilingan, Kec. Cakung, Jakarta Timur, RW 03 Kel. Semper Barat, Kec. Cilincing, Jakarta Utara, dan RW 05 Kel Sunter Jaya, Kec. Tanjung Priok Jakarta Utara.

Baca juga : Menteri Siti Berikan Penghargaan ProKlim Kepada Aktor Agenda Iklim di Tapak

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan bahwa perubahan Iklim dipengaruhi dan mempengaruhi oleh banyak aspek kehidupan manusia di muka bumi oleh karena itu setiap kampung harus melakukan adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim ini.

“Bentuk kepedulian terhadap perubahan iklim ini tercermin dalam berbagai hal, seperti di antaranya penggunaan lampu hemat energi, energi listrik terbarukan, uji emisi kendaraan bermotor, memanfaatkan air hujan, urban farming, serta pengurangan sampah dari sumbernya,” kata Asep

Sebanyak 13 lokasi lainnya yang tersebar di lima Kota Administrasi dan Kepulauan Seribu berhasil meraih sertifikat Proklim, yaitu Jakarta Utara sebanyak 3 RW, Jakarta Timur sebanyak 4 RW, Jakarta Selatan sebanyak 2 RW, Jakarta Barat sebanyak 1 RW, Jakarta Pusat sebanyak 2 RW, dan Kepulauan Seribu sebanyak 1 RW.

Baca juga : Tawarkan Jasa Pelayanan Penguburan Orang Hidup

Perwakilan RW 03 Cempaka Putih Jakarta Pusat sebagai peraih Kampung Proklim Lestari, Adian Sudiana mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup sangat membantu selama ini dalam pendampingan terhadap kepedulian lingkungan.

“Selama ini, Dinas Lingkungan Hidup sangat membantu dalam Program Kampung Iklim ini dan semoga ke depannya kita dapat bekerja sama antarstakeholder agar Kampung Proklim semakin maju dan semakin bertambah di Kota Jakarta,” ungkap Adian.

Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.