Dark/Light Mode

Kawal Aksi 411, Polda Metro Jaya Terjunkan 3.790 Personel

Jumat, 4 November 2022 13:25 WIB
Polda Metro Jaya menutup jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (4/11) siang. Berdasarkan surat pemberitahuan, ada dua kelompok gabungan yang akan menggelar demo.
Polda Metro Jaya menutup jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (4/11) siang. Berdasarkan surat pemberitahuan, ada dua kelompok gabungan yang akan menggelar demo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya menyiapkan 3.790 personel untuk pengamanan demo yang berlangsung Jumat (4/11) siang. Berdasarkan surat pemberitahuan, ada dua kelompok gabungan yang akan menggelar demo. 

Pertama, kelompok buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh. Mereka berunjuk rasa di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). 

Baca juga : Kenali, 4 Gangguan Mental Terbanyak Pada Pria

Mereka mengajukan empat tuntutan. Yakni, kenaikan UMK 2023 sebesar 13 persen, menolak PHK dengan dalih resesi global, menolak omnibus law UU Cipta Kerja dan mendesak disahkannya RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT).

Kedua, gabungan organisasi masyarakat (ormas) Islam mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR). 
Unjuk rasa bertajuk Aksi 411 yang digelar di Patung Kuda ini diikuti oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan FPI, Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR), Ikatan Keluarga Batak Universitas Indonesia (IKB UI), dan Aliansi Rakyat Menggugat (ARM), Ormas Bang Japar, Juklak, FMS, GBN, dan KPIB.

Baca juga : Namanya Masuk Musra, Peluang Moeldoko Kian Terbuka Di Pilpres 2024

"Unjuk rasa menuntut turunkan harga BBM, turunkan harga-harga, tegakan keadilan hukum," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan, Jumat (4/11).

Selain pengamanan, polisi juga bakal menerapkan rekayasa lalu lintas. Beberapa ruas jalan akan dialihkan antara lain, arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih, kendaraan dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani.

Baca juga : Dibantu Polda Metro Jaya, BP2MI Gagalkan Pengiriman 160 Calon PMI Ilegal

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. Kemudian, kendaraan dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto, arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Lalu, Jalan Veteran I, II, III akan ditutup serta Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.