Dark/Light Mode

Aksi Heru Bersih-Bersih Kota Disebut Upaya Bangun Peradaban Ekologi Jakarta

Rabu, 9 November 2022 11:02 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi bersih-bersih kota yang dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajaran mengundang simpatik dan dukungan berbagai kalangan. Aksi tersebut dianggap sebagai terobosan dalam menciptakan lingkungan Jakarta yang sehat. 

Peneliti GMT Institute Jakarta, Agustinus Tamtama Putra menilai bahwa yang dilakukan Heru merupakan upaya membangun mentalitas dan peradaban dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menciptakan ekologi Jakarta yang sehat. 

"Ini tentu saja bukan hanya sekedar bersih-bersih semata, melainkan berkaitan dengan dimensi ekologis dan seyogyanya mengutamakan sanitas. Lingkungan dan kota yang bersih akan menjadi tempat yang sehat untuk kehidupan," kata Agustinus Tamtama Putra di Jakarta, Selasa (8/11).

Baca juga : Airlangga Terima Dubes Korsel, Bahas Kerja Sama Ekonomi Digital

Pakar kebijakan publik yang akrab disapa Tamtam ini bilang, perilaku membuang sampah sembarangan bukan komedi, melainkan tragedi. Sebab, kata Tamtam, pada titik itu telah terjadi degradasi moral dan mental.

“Mari membayangkan, momen ketika seseorang membuang sampah. Orang tersebut tidak lagi peduli akan orang lain dan lingkungannya. Dengan angkuh dan tentu saja acuh tak acuh, yang bersangkutan menjadi egois dan kejam. Ini soal mentalitas," ujarnya.

Tamtam menjelaskan, membuang sampah sembarangan bukan hanya sekedar menggerakkan tangan tangan untuk membuang sampah, namun menyangkut disposisi batin yang sudah melemah, atau sense of ecology orang tersebut sudah memudar.

Baca juga : Erick: Agama Berperan Besar Dalam Perdamaian & Ekonomi Kerakyatan

"Inilah yang dimaksud dengan degradasi moral. Orang tersebut bertindak semaunya tanpa peduli. Ketidakpedulian inilah yang menurut Elie Wiesel merupakan kriminalitas yang paling besar, The greatest crime is indifference," tegasnya.

Atas hal itu, lanjut Tamtam, upaya Heru melakukan bersih-bersih kota merupakan hal yang sangat penting lantaran bukan hanya sekedar aksi yang terlihat oleh mata, melainkan upaya ekologis untuk membina mental dan peradaban.

"Ini saya kira berangkat dari kecintaan dan perhatian beliau juga terhadap perihidup rakyat Jakarta bahwa bersih-bersih yang dilakukan oleh Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, merupakan aksi yang lebih dalam demi peradaban ekologis yang lebih baik," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.