Dark/Light Mode

BPBD DKI Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Mampang Prapatan

Selasa, 27 Desember 2022 18:43 WIB
Sejumlah rumah warga terbakar di Jalan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (27/12).
Sejumlah rumah warga terbakar di Jalan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (27/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bergerak cepat  menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran permukiman di Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Bantuan yang disalurkan itu di antaranya air mineral, selimut, mukena, sarung, terpal, matras, masker, sabun, makanan siap saji, paket sandang, kebutuhan anak-anak dan keluarga serta kebutuhan khusus wanita.

“Pemprov DKI akan membantu penanganan pascabencana,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta Selasa (27/12).

Baca juga : KlikDokter Salurkan Donasi Untuk Kesehatan Perempuan dan Anak Korban Gempa Cianjur

BPBD DKI mencatat  jumlah warga terdampak kebakaran mencapai sekitar 543 jiwa yang sementara ini ditampung di beberapa titik pengungsian terdekat dari lokasi kejadian di antaranya di Masjid Al Aqwam.

Isnawa menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu penanganan sejumlah dokumen dan kebutuhan penunjang warga lain yang hangus dilalap api.

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Senin (26/12) sekitar pukul 19.30 WIB. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan tiba di lokasi pukul 20.08 WIB dan proses pendinginan mulai pukul 23.15 WIB hingga selesai pemadaman pukul 02.55 WIB.

Baca juga : Kebakaran Hebat Di Mampang, 23 Mobil Pemadam Dikerahkan

Penyebab kebakaran di Mampang Prapatan ini diduga akibat korsleting listrik dan kerugian diperkirakan mencapai Rp20 miliar.

Berdasarkan laporan dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, sejumlah rumah di tiga RT yang terkena dampak yakni RT 006, RT007, dan RT008 yang berada di RW 05.

"Awalnya warga berusaha memadamkan tetapi api makin membesar karena rumah terbuat dari kayu lalu warga menghubungi Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan," ujar Perwira piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Mochammad Arief.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.